Santai

Pele Meninggal Dunia, Saat Kecil Bercita-cita Jadi Pilot hingga Pusaka Nasional

Pele Meninggal Dunia, Saat Kecil Bercita-cita Jadi Pilot hingga Pusaka Nasional

MOMSMONEY.ID - Pele meninggal dunia pada Jumat, 3 Desember 2022. Kabar ini disampaikan oleh sang anak melalui instagramnya dan instagram Pele. Sebelum jadi raja sepak bola Brasil, Pele punya kisah menarik saat dia masih kecil. 

Pele meninggal di usia 82 tahun sebagai raja sepak bola Brasil. Melansir FIFA, Pele telah meninggalkan warisan yang tak tertandingi di sepak bola. Namun siapa sangka Pele kecil tak pernah punya cita-cita jadi pesepakbola. 

Pele justru ingin menjadi pilot. Namun keinginannya berubah saat melihat air mata ayahnya, Dondinho menetes saat Brasil kalah dari Uruguay di Piala Dunia 1950. Saat itu Dondinho, ayah Pele tengah bergembira karena Brasil unggul 1-0.

Melalui radio, Brasil hanya perlu bermain imbang di Maracana untuk bisa memenangkan Piala Dunia pertama Brasil. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi iPhone Terbaik 2022 yang Masih Layak Dibeli di Tahun 2023

Oleh karena itu, Pele kecil, yang saat itu berusia 9 tahun pergi meninggalkan rumahnya dan bermain dengan teman-temannya. Namun saat kembali, Pele kaget melihat ayahnya menangis karena Brasil kalah. 

“Saya berjanji kepadanya suatu hari saya akan memenangkan Piala Dunia untuk ayah,” ungkap Pele saat itu. 

Janji inilah yang membuat Pele menjalani karir cemerlangnya di sepak bola. Namun kini Pele telah meninggal dunia di usia 82 tahun. Pele meninggal setelah berjuang melawan penyakitnya dan dalam perawatan di rumah sakit Israela Albert Enstein.

Setelah itu, almarhum Waldemar de Brito mantan striker Brasil yang tengah melatih Bauru melihat Pele. Saat itu Pele adalah seorang anak laki-laki yang sangat berbakat di tim Bauru.

Waldemar lalu membawa Pele untuk menjalani percobaan di Santos dan mengatakan anak didiknya ini akan jadi pemain terbaik di dunia. 

Pele kemudian melakukan sesi latihan pertamanya. Setelah melihat Pele, Santos memberikan debut di tim utama. Saat itu, Pele yang berusia 15 tahun di tahun 1956 mencetak gol pertamanya di sepak bola profesional. 

Baca Juga: Kabar Duka Pesepakbola Brasil Pele Meninggal Dunia, Begini Kondisi Terakhirnya

Selama 18 tahun berikutnya, Pele membawa Santos meraih 25 gelar utama termasuk dua mahkota Copa Libertadores dan dua Piala Interkontinental. Di tahun 1959 Pele telah mencetak 127 gol untuk Santos dalam satu tahun. Kemu

Demikian kisah menarik dari Pele, yang disebut sebagai Pusaka Negara oleh mantan Presiden Janio Quadros. Satu lagi kisah menarik Pele sebelum meninggal dunia.

Dia dinyatakan sebagai Pusaka Negara saat Inter Milan, Juventus, Manchester Uniter, dan Real Madrid mencoba mengontrak Pele di tahun 1961. Hal ini dilakukan Janio untuk melarangnya pindah ke luar negeri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News