Santai

Pelajar Wajib Tahu, Ini Loh Beda Tes TOEFL dan IELTS!

Pelajar Wajib Tahu, Ini Loh Beda Tes TOEFL dan IELTS!

MOMSMONEY.ID - Bagi yang sedang merencanakan pendidikan ke luar negeri, pastinya sudah tidak asing dengan TOEFL dan IELTS.

Dua jenis tes kemampuan bahasa Inggris tersebut merupakan persyaratan yang wajib dipenuhi oleh siapa pun yang hendak pergi belajar maupun bekerja di luar negeri.

Namun tak banyak yang tahu bahwa kedua tes ini memiliki tes yang berbeda dari fungsinya. Tak hanya dari fungsinya, namun jenis tes yang diujikan serta hasil dari tes kemampuan bahasa Inggris ini pun berbeda.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara TOEFL dan IELTS yang telah dirangkum oleh Momsmoney dan perlu diketahui sebelum mengambil tes ini.

Baca Juga: 4 Website Ini Bisa Bantu Hasilkan Uang! Intip Daftarnya di Sini!

TOEFL

Melansir dari laman Wikipedia, TOEFL merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language, tes kemampuan bahasa Inggris ini lebih umum digunakan dan diterima pada institusi Amerika.

Biasanya TOEFL menjadi pertimbangan bagi sebuah universitas di Kanada maupun Amerika Serikat dalam menerima calon muridnya. Namun seiring berkembangnya jaman, TOEFL yang awalnya digunakan bagi murid kini mulai dipertimbangkan dalam dunia kerja.

Tes yang diujikan pada tes ini meliputi listening comprehension, grammar structure and written expression, reading comprehension, dan writing. Terdapat dua jenis tes TOEFL pada umumnya, yaitu iBT dan ITP.

Hasil tes TOEFL iBT berkisar di angka 0-120 sedangkan ITP yang tidak menguikan kemampuan menulis atau writing ini memiliki hasil yang bergantung pada levelnya. Level 1 berada pada kisaran angka 310-677 sedangkan level 2 berada pada 200-500.

Baca Juga: Dari Korea Hingga Inggris, Ini 4 Channel Youtube Belajar Bahasa Asing Terbaik!

IELTS

IELTS menurut Wikipedia merupakan singkatan dari International English Language Testing System. Tes ini merupakan tes kemampuan bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Universitas Cambridge, British Council, dan IDP Education Australia.

Hasil dari tes ini biasa digunakan pada institusi di Inggris, Eropa, dan Australia. Kemampuan yang diujikan pada tes ini semuanya ditulis dengan menggunakan tulisan tangan. Ada pun tes yang diujikan adalah kemampuan speaking, reading, writing, dan listening.

Skala penilaian tes ini dimulai dari 0-9. Durasi tes yang dilaksanakan untuk tes ini juga lebih lama dibandingkan dengan TOEFL, karena melibatkan test speaking yang mengharuskan pesertanya berkomunikasi dengan bahasa Inggris dengan pengujinya.

Rentang skor penilaian bagi program sarjana biasanya berkisar di angka 6.0-6.5 sedangkan rentang skor 7.0-7.5 merupakan rentang skor bagi peminat program pascasarjana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News