InvesYuk

Pekan Lalu Episode Terburuk Industri Kripto, Harga Bitcoin Terjungkal 22%

Pekan Lalu Episode Terburuk Industri Kripto, Harga Bitcoin Terjungkal 22%

MOMSMONEY.ID - Keruntuhan bursa kripto FTX minggu lalu merupakan salah satu episode terburuk industri kripto, yang jelas tercermin di pasar aset digital. Harga Bitcoin jatuh 22% pekan lalu.

Mengutip CoinDesk, kejatuhan harga Bitcoin pekan lalu merupakan kinerja mingguan terburuk sejak pertengahan Juni lalu, ketika bergulat akibat dari keruntuhan  blockchain Terra. 

Industri kripto menjadi semakin buruk selama akhir pekan lalu, ketika FTX dan anak perusahaannya di AS, FTX US, menjadi korban serangan yang menghabiskan ratusan juta dollar AS dalam kripto dari dompet bursa tersebut. 

Bursa kripto Binance dan Huobi bergegas memblokir deposit FTT, token asli FTX, setelah sekitar US$ 400 juta token tiba-tiba dirilis di luar jadwal, tanpa penjelasan resmi. 

Penerbit stablecoin Tether memblokir alamat yang terkait dengan dompet penguras akun FTX.

Baca Juga: Krisis FTX Seret Turun Pasar Kripto Kian Dalam, Harga Bitcoin Bisa Jatuh ke US$ 9.000

Analis kripto menilai, apa yang akan terjadi selanjutnya adalah pasar kripto yang sakit dan konsekuensi kebijakan untuk industri blockchain yang rusak reputasinya. 

Para peneliti di Coinbase Institutional mengatakan, harga Bitcoin, saat ini sekitar US$ 16.000, mungkin melihat penurunan harga lebih lanjut, hingga US$ 13.500.

Satu reformasi industri tampaknya mendapatkan momentum: bursa kripto terpusat didorong untuk memberikan bukti cadangan. 

Mungkin butuh lebih dari itu, dan mungkin berbulan-bulan, sebelum industri kripto mulai mendapatkan kembali kepercayaan publik. 

Baca Juga: Pasar Kripto Makin Ambrol Rabu (9/11) Malam, Harga Bitcoin Jatuh ke Level Terendah

"Meskipun harga Bitcoin telah menetap di sekitar US$ 16.000 untuk saat ini, tingkat kerusakan pada perusahaan lain, funds, bursa kripto belum diketahui, dan mungkin akan muncul ke permukaan dalam beberapa minggu mendatang," kata Joe DiPasquale, CEO BitBull Capital, kepada CoinDesk. 

"Tetap berhati-hati sampai situasi saat ini diselesaikan dengan memuaskan, dan sentimen tampaknya mulai bergerak ke arah yang relatif normal," ujar dia.

Mengacu CoinMarketCap pada Senin (14/11) pukul 09.08 WIB, harga Bitcoin ada di US$ 16.045,42 atau turun 4,91% dalam 24 jam terakhir.

Harga Ethereum turun lebih dalam, 6,42% menjadi US$ 1.183,08 dan harga XRP merosot 9,44% ke US$ 0,3308.

Harga Dogecoin anjlok 11,81% jadi US$ 0,8466, sementara Solana terjungkal 12,6% ke posisi US$ 12,45.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News