Santai

Peka dan Sensitif! Kenali Karakter Kepribadian Highly Sensitive Person Berikut Ini!

Peka dan Sensitif! Kenali Karakter Kepribadian Highly Sensitive Person Berikut Ini!

MOMSMONEY.ID - Setiap individu tentunya memiliki masing-masing kepribadiannya sendiri. Jenis kepribadian setiap individu pun juga beragam.

Salah satu kepribadian yang patut dipahami adalah Highly Sensitive Person atau HSP. Kepribadian ini merupakan kepribadian yang membuat seseorang merasa lebih peka dengan adanya respon terhadap rangsangan internal dan eksternal.

Melansir dari laman Psychology Today, kepribadian Highly Sensitive Person dikemukakan oleh psikolog Elaine Aron untuk menjelaskan kepribadian dari orang-orang dengan sensitivias emosional yang tinggi.

Baca Juga: Jangan Lupa, Ini 4 Tradisi yang Wajib Ada saat Rayakan HUT RI!

Situasi ini bisa dipicu oleh beberapa hal seperti padatnya pekerjaan dan jadwal yang tidak teratur, adanya konflik baik dengan sesama maupun diri sendiri, perbandingan sosial, eskpektasi terhadap orang lain, dan berbagai hal lainnya yang mudah menimbulkan stress.

Cara untuk terhindar dari situasi yang memicu timbulnya kepribadian HSP ini adalah dengan melakukan banyak kegiatan self care.

Menjauhi hal-hal yang mudah menimbulkan situasi stress, menjaga waktu tidur yang cukup, mengkonsumsi makanan sehat, dan jika perlu berkonsultasi dengan terapis bisa digunakan untuk mencegah munculnya kondisi ini.

Ciri-ciri orang dengan Highly Sensitve Person ini menurut laman Very Well Mind, adalah adanya keinginan untuk menghindari hal-hal memicu timbulnya sensitivitas dalam diri mereka.

Hal tersebut adalah karena kepribadian HSP akan lebih mudah menyerap emosi dan menjadi lebih mudah overthinking.

Baca Juga: Beda! Ini Ide Lomba 17-an yang Anti Mainstream dan Seru!

Selain itu kepribadian ini juga memiliki empati yang tinggi terhadap berbagai hal. Sehingga orang-orang dengan HSP akan lebih memiliki kepribadian dalam yang kompleks.

Kepribadian Highly Sensitive Person ini juga merupakan orang yang sensitif terhadap penolakan. Sehingga kepribadian ini memiliki kecenderungan untuk lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan.

Namun memiliki kepribadian HSP ini tak selalu berdekatan dengan dampak negatif. Dampak positif dari seseorang dengan kepribadian HSP ini adalah kepribadian ini mudah untuk bersyukur dengan apa yang dimiliki saat ini.

Kepribadian ini juga peka terhadap kondisi mood orang lain. Sehingga kepribadian ini akan lebih mudah membangun ikatan dengan orang-orang terdekatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News