HOME, Keluarga

Pecinta Makanan Jamur, Ini 4 Jenis Jamur yang Bisa Diolah Jadi Masakan Lezat

Pecinta Makanan Jamur, Ini 4 Jenis Jamur yang Bisa Diolah Jadi Masakan Lezat

MOMSMONEY.ID - Ada ribuan jenis jamur yang tumbuh di dunia ini. Beberapa di antaranya ada yang bersifat parasit, ada pula yang aman untuk dikonsumsi.

Jamur yang aman dikonsumsi rata-rata dijadikan sebagai bahan masakan lezat. Namun ada juga jenis jamur yang digunakan sebagai obat-obatan, loh!

Penasaran kan apa saja jenis-jenis jamur tersebut? Merangkum dari Royco, the Spruce Eats, dan Healthline, berikut selengkapnya!

Baca Juga: Suka yang Manis tapi Menyehatkan? Intip Resep 2 Minuman Manis dari Buah Ini, Yuk!

Jamur Enoki

Jamur enoki merupakan jenis jamur yang kecil, panjang, dan bergerombol. Jamur yang berwarna putih ini memiliki tekstur yang renyah ketika dikunyah.

Jamur Enoki tumbuh di sisa akar pepohonan yang telah tumbang. Meski begitu, jamur enoki dibudidayakan di negara-negara seperti Jepang, Korea, hingga China, loh!

Jamur enoki biasanya hadir dalam berbagai masakan olahan seperti Shabu-shabu dari Jepang, Mala Hot Pot dari Korea, hingga dipadukan bersama daging panggang.

Jamur Champignon

Jamur Champignon merupakan salah satu jenis jamur yang bentuknya bulat dan gemuk. Di Indonesia sendiri, jenis jamur ini lebih dikenal sebagai jamur kancing.

Tidak seperti jamur Enoki yang bertekstur cukup renyah, jamur Champignon bertekstur lembut dan biasanya kerap dijadikan sebagai salah satu bahan campuran dalam sup krim.

Baca Juga: Suka Makan Ayam Berbumbu Pedas? Ini Resep Ayam Fire Wings Ala Richeese Factory

Jamur Tiram

Jamur Tiram

Jenis jamur selanjutnya adalah jamur tiram yang bentuknya sangat khas. Jamur ini berbentuk seperti payung. Secara alami, jamur Tiram tumbuh di dekat pepohonan pada hutan yang beriklim sedang & sub-tropis.

Jamur tiram biasanya dijadikan sebagai bahan makanan pada makanan dari Asia Timur, seperti Tiongkok, Jepang, hingga Korea.

Tekstur jamur cukup berdaging, sesuai dengan bentuknya yang besar. Jamur tiram sendiri bisa diolah jadi berbagai macam masakan, terutama akan apabila dipadukan dengan saus tiram.

Jamur Maitake

Selanjutnya ada jamur maitake yang biasanya disajikan dalam makanan Jepang. Dalam bahasa Jepang, “maitake” berarti jamur menari. Alasannya ternyata cukup menarik, loh Moms! Sebab, jamur ini punya khasiat ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit, sehingga ketika orang-orang menemukan jamur ini di alam liar, maka mereka akan menari-nari karena kegirangan.

Baca Juga: Suka Memasak Sayur? Ini 3 Cara Agar Nutrisi dalam Sayuran Tidak Hilang

Selain sebagai masakan, nyatanya banyak orang yang lebih banyak mengonsumsi jamur ini sebagai bahan obat. Beberapa khasiat jamur maitake di antaranya:

  • Mampu menyembuhkan kesulitan mental & fisik
  • Mengatur kembali fungsi tubuh
  • Sebagai obat tradisional hipertensi & diabetes

Nyatanya, kepercayaan khasiat ampuh terhadap jamur maitake ini ada buktinya, loh!

Riset yang dilakukan pada tahun 2015 lalu yang MomsMoney kutip melalui Helathline mengatakan bahwa jamur maitake terbukti mampu menurunkan kadar glukosa, serta menghasilkan efek yang positif terhadap tikus yang mengidap penyakit diabetes tipe 2.

Dengan adanya penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa jamur maitake berpotensi besar dalam pengobatan diabetes tipe 2 pada manusia.

Selanjutnya: Promo Dunkin Donuts 29-31 Oktober 2021, Beli 6 Gratis 6 Cukup Bayar Rp 60.000-an

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News