Santai

Pecak Mpok Minun Bikin Lidah Berdecak

Pecak Mpok Minun Bikin Lidah Berdecak

MOMSMONEY.ID - Yuk, menjajal gurihnya aneka pilihan pecak asli Betawi di Rumah Pecak Mpok Minun yang ada di Sudimara Pinang, Kota Tangerang. Tak hanya tempat yang nyaman, harga juga lo.

Mpok Tuti telaten mengayunkan batu di tangannya ke cobekan. Batu itu menggilas cabai, bawang dan kencur yang baru saja panggang.

Tak ketinggalan bawang putih dan seruas jahe ikut digiling halus oleh Mpok Tuti, pemilik Rumah Pecak Mpok Minun di Sudimara Pinang, Kota Tangerang.

Jangan tanya soal kelincahan tangan Mpok Tuti mengulek sambal pecak. Saban hari, Mpok Tuti  melayani lebih dari 100 porsi pecak ikan atau setara 50 kg ikan.

Sebagai teman pecak itu, Mpok Tuti  menanak beras hampir sekarung atau sekitar 50 kg per hari. 

Baca Juga: Pedas Manis Sate Legendaris Sate Plecing Arjuna Bali

Sambil mengulek bumbu pecak, mata Mpok Tuti sesekali mengarah ke penggorengan yang dikendalikan oleh karyawannya. Ada semacam kode perintah dari lirikan matanya ke karyawan.

Beraneka ragam jenis ikan masuk ke penggorengan, seperti  gurame, nila dan  ikan gabus silih berganti masuk penggorengan. Sesekali ada ayam  dan  bebek. 

Ikan goreng yang sudah matang selanjutnya dilumuri bumbu pecak yang sudah diimbuhi air limau, garam, dan gulai.

Bumbu pecak ikan baru dibikin setelah ada yang memesan. Maka itu, Anda yang datang dan ingin memesan pecak ikan, pastikan Anda punya kesabaran. 

Menurut Mpok Tuti, sambel pecak semakin gurih dan nikmat jika disajikan dalam keadaan segar. Jika sudah melewati masa simpan, rasa pecak ikan tidak  segar lagi.

Baca Juga: JJ Ramen, Mi Ramen Gang Sempit Rasa Selangit

Bisa saja pecak ikan dipersiapkan terlebih dahulu, namun demi menjaga rasa, Mpok Tuti ogah melakukannya. 

Usai melihat Mpok Tuti mengulek bumbu pecak, tentu ada harapan kita bisa segera mencicipinya. Namun, beberapa porsi justru berlalu ke pemesan yang sudah duluan datang.

Maklum, ada belasan orang yang sudah antre memesan pecak ikan di kedai Mpok Minun yang memiliki kapasitas sampai 200 tamu itu.

Suasana kampung

Anda yang ingin menjajal pecak ikan bikinan puteri Betawi ini cukup mudah. Lokasinya sekitar 4 kilometer dari CBD Ciledug arah Sudimara Pinang.

Tempatnya berada di Jl Bhakti, dan mudah dikenali, karena Rumah Pecak Mpok Minun terbuat dari saung bambu beratapkan rumbia.

Tak ada kesan mewah, hanya saung kampung dengan 8 balai bambu yang bisa menampung 100 orang. Di luar saung utama ada saung kecil di samping dan belakang yang bisa menampung sekitar 100 orang. 

Baca Juga: Mencecap Nikmat Soto Djadoel H Yanto

Namun, jika datang saat jadwal makan siang, sudah bisa dipastikan saung  penuh oleh  pengunjung. Telat sedikit, Anda harus antre.

Saat makan siang, ada banyak  pengunjung menggunakan seragam kerja. "Bapak Ibu saya pensiunan ASN, jadi saat buka kami mengundang ASN untuk makan di tempat saya," kata Mpok Tuti.   

Gayung  bersambut. Satu per satu pejabat daerah makan dan keranjingan balik lagi. Seiring informasi itu pula, nama Rumah Pecak Mpok Minun popular di Kota Tangerang.

"Banyak pesohor juga ikut makan seperti Guruh Sukarno Putra Azis Gagap dan banyak lagi," kata Mpok Tuti. 

Usai mendengar cerita Mpok Tuti, seorang  pramusaji datang menyajikan satu porsi pecak ikan gurame ukuran sedang. Dalam mangkok itu  tampak ikan goreng gurame sudah dibaluri  bumbu pecak.

Baca Juga: Cicip Kuliner Khas Nusantara di Kedaung Kalula, Ciputat

Beberapa bumbu seperti bawang merah yang telah dibakar tampak utuh berenang di samping gurame, jumlahnya  mencapai 6 butir dalam satu porsi.

Aroma kencur dan pedas cabai rawit menyeruak karena disiram kuah dari air perasan  jeruk limau yang sudah direbus dengan air gula dan garam.

Hmm.. satu sendok kuah pecak  ikan itu langsung mendarat di lidah. Racikan bumbu pedas, asam, manis asin dengan aroma kencur membawa aroma yang menyegarkan sampai tenggorokan.

Usai ditelan, rasa gurih terasa di lidah. seakan meminta lidah  untuk mengecapnya lagi. 

Untuk seporsi pecak ikan gurame, Anda merogoh dompet Rp 75.000, ini sudah termasuk nasi. Jika ingin yang lebih murah ada pecak gabus harga Rp 45.000 atau pecak banderol Rp 35.000.

Baca Juga: Nasi Bebek Madura Ibu Lala, Pedas Nampol Bikin Ketagihan

Ada juga pilihan pecak belut yang dibanderol Rp 50.000. Nah, yang paling murah adalah pecak oncom yang cuma Rp 10.000. Murah, kan?

Ada juga pecak ayam seharga Rp 24.000. Bagi  yang suka sayuran, bisa pesan pecak sayuran harga Rp 20.000.

Opsi lainnya adalah menu ayam, bebek, lele, gurami, dan nila goreng serta pepes ikan. Untuk melepas dahaga, es teh manis dan es jeruk menjadi andalan di kedai ini. Berminat?

Rumah Pecak Mpok Minun
Jl. Bhakti, RT.005/RW.006, Sudimara Pinang, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten 15145
Hp: 0819-0639-2000
Koordinat GPS: -6.2237635,106.68983

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News