HOME, Bugar

Patut Dicoba! Inilah 5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol

Patut Dicoba! Inilah 5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol

MOMSMONEY.ID - Kolesterol adalah zat yang berbentuk seperti lilin dan lemak yang ditemukan di semua sel dalam tubuh.

Kolesterol terdapat pada makanan dari sumber hewani, seperti kuning telur, daging, dan keju. Meski penting, jumlahnya yang terlalu tinggi dapat membentuk plak dan menghalangi aliran darah.

Dilansir dari Medical News Today dan Medline Plus, inilah lima makanan yang bisa menurunkan kolesterol dan patut dicoba, antara lain: 

Baca Juga: Kenali Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur

1. Gandum

Makanan yang bisa menurunkan kolesterol pertama adalah gandum. Gandum adalah sereal bergizi sebagai penurun kolesterol karena serat tinggi di dalamnya.

Kolesterol diubah menjadi asam empedu yang dilepas ke usus halus untuk mencerna lemak.

2. Bayam

Makanan yang bisa menurunkan kolesterol kedua adalah bayam. Sayuran hijau seperti bayam dianggap paling efektif dalam menurunkan kolesterol.

Bukan itu saja, salah satu sayuran penurun kolesterol ini juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung jika dikonsumsi secara rutin.

3. Kedelai

Makanan yang bisa menurunkan kolesterol ketiga adalah kedelai. Di dalam kedelai terkandung isoflavon yang berfungsi untuk menekan kadar kolesterol jahat.

Kedelai dan olahannya seperti tahu, tempe, tepung kedelai, nutrela, nugget, dan susu kedelai merupakan makanan penurun kolesterol yang ampuh. 

Baca Juga: Inilah Gejala Diabetes pada Wanita yang Perlu Anda Ketahui

4. Kacang-kacangan

Makanan yang bisa menurunkan kolesterol keempat adalah kacang-kacangan dan bisa dinikmati juga sebagai camilan sehat.

Kacang-kacangan seperti kacang mede, almond, kenari, atau sayur-sayuran seperti kacang panjang mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk menurunkan kolesterol.

5. Beras merah

Makanan yang bisa menurunkan kolesterol kelima adalah beras merah. Kandungan serat tinggi di dalamnya juga dapat membantu menurunkan gula darah.

Beras merah mengandung vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien yang dapat menurunkan kadar lemak darah.

Itulah lima makanan yang bisa menurunkan kolesterol jika dikonsumsi secara rutin dan dalam porsi yang tepat.  

Jika sudah mengonsumsi makanan sehat tetapi kolesterol Anda masih tetap tinggi, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News