InvesYuk

Pasar Ekuitas Volatil Gara-Gara Keseret Koreksi GOTO

Pasar Ekuitas Volatil Gara-Gara Keseret Koreksi GOTO

MOMSMONEY.ID - Senin (12/12), PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) mengalami 11 kali beruntun auto rejection bawah (ARB) dan menyeret turun kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). 

Tercatat, hari ini GOTO ditutup menurun 6,45% menjadi Rp 87 per saham. Sementara, IHSG ditutup naik 0,29% ke Rp 6.734. 

Dalam riset Infovesta Utama, Senin (12/12), mengatakan dalam sepekan terakhir IHSG tertekan karena dipengaruhi volatilitas beberapa emiten dengan bobot besar terhadap IHSG seperto GOTO yang terus catatkan koreksi. 

Di sisi lain menjelang musim liburan dan Natal, investor asing mulai mengurangi kepemilikannya di pasar saham dalam negeri. Tercatat investor asing melakukan aksi net sell sebesar Rp 8,61 triliun dalam sepekan 

Sentimen negatif yang memukul pergerakan IHSG sepekan lalu juga datang dari domestik,  yaitu rilis data indeks keyakinan konsumen yang melandai ke level 119,1 pada November 2022 dari level 120,4 di bulan sebelumnya. Selain itu, rilis data penjualan ritel jga menurun 3,7% pada November 2022 dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 4,6%. 

Dari global rilis data PMI nonmanufaktur ISM Amerika Serikat meningkat ke level 56,5 poin pada November 2022 dan di atas ekspektasi pasar. Kemudian harga minyak yang turun di tengah permintaan global yang melambat dan OPEC tetap mempertahankan pemangkasan produksi minyak harian juga menjadi sentimen negatif. 

Melihat kondisi pasar sepekan lalu, Infovesta menyarankan investor diharapkan wait and see di tengah pergerakan IHSG yang masih volatile. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News