HOME, Santai

Pantau Lalu Lintas Mudik 2022 Secara Online Lewat Link CCTV Ini

Pantau Lalu Lintas Mudik 2022 Secara Online Lewat Link CCTV Ini

MOMSMONEY.ID -  Mudik Lebaran tahun 2022 sudah dimulai. Simak daftar link CCTV untuk pemantauan lalu lintas secara online agar perjalanan mudik tidak terjebak kemacetan parah.

Link CCTV ini bermanfaat untuk pemantauan lalu lintas di jalan tol secara online. Link CCTV pemantauan lalu lintas secara online ini sangat bermanfaat karena kepadatan di jalan tol mulai meningkat belakangan ini.

Jasa Marga mencatat sebanyak 762.251 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-10 s.d H-6 Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 yang jatuh pada periode Jumat-Selasa (22-26 April 2022), dari 4 gerbang tol (GT) barier/utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung). Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 4,2% jika dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total 731.600 kendaraan.

Terhitung H-10 s.d H-6 Hari Raya Idul Fitri 1443 H pada periode 22 s.d 26 April 2022, Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional  mencatat total sebanyak 401,279 kendaraan atau meningkat 13.94% dibanding volume lalu lintas transaksi new normal (November 2021) yaitu 352,196 kendaraan transaksi yang meninggalkan Jakarta melalui Bandara Soekarno-Hatta. Adapun lalu lintas terdistribusi melalui dua Gerbang Tol (GT) dengan rincian sebagai berikut:

Baca Juga: Atasi Kepadatan Mudik 2022, One Way Tol Cikampek - Kalikangkung Diperpanjang

1. GT Cengkareng Jalan Tol Prof. Dr.Ir. Soedijatmo
Peningkatan volume lalu lintas transaksi di GT Cengkareng sebesar 12.31% atau terealisasi 312,294 kendaraan dibanding dari lalu lintas new normal sebesar 278,070 kendaraan.

2. GT Benda Utama 2 Jalan Tol Kunciran-Cengkareng
Peningkatan volume lalu lintas transaksi di GT Benda Utama 2 sebesar 20.05% atau terealisasi 88,985 kendaraan dari volume lalu lintas transaksi new normal sebesar 74,126 kendaraan.

Sementara itu, Jasamarga Metropolitan Tollroad mencatat pula sebanyak 152,420 kendaraan keluar dari Bandung menuju wilayah Rancaekek, Garut dan sekitarnya melalui Gerbang Tol (GT) Cileunyi. Volume lalu lintas transaksi tersebut meningkat 4.11% dari lalin new normal yaitu sebesar 146,405 kendaraan.

Sedangkan volume lalu lintas transaksi dari arah sebaliknya atau yang menuju ke Bandung melalui GT Cileunyi tercatat 147,602 kendaraan atau meningkat 4.83% dibanding lalu lintas new normal sebesar 140,802 kendaraan.

Bagi Anda yang berencana mudik, mungkin perlu memantau bagaimana kondisi jalanan guna menghindari jalanan yang kemungkinan macet jika dilewati. Tak perlu khawatir, Anda bisa menyimak bagaimana kondisi jalan yang akan dilewati melalui pantauan CCTV online.

Daftar link CCTV pemantuan arus lalin mudik lebaran secara online

Mengutip Kompas.com, berikut ini link CCTV pemantuan arus lalu lintas online yang bisa diakses masyarakat yang akan mudik lebaran 2022:

1. RTTMC Kemenhub

Kondisi terkini bagaimana arus mudik bisa disimak melalui CCTV yang disediakan oleh Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Informasi CCTV ini merupakan informasi real time dari berbagai daerah.

Setidaknya ada sekitar 40 CCTV yang bisa disimak secara real time. Berikut ini link CCTV pemantuan arus lalu lintas online yang bisa dipantau oleh masyarakat melalui RTTMC Kemenhub http://rttmc.dephub.go.id/rttmc/livecctv#.

2. Aplikasi Travoy Jasa Marga

CCTV pemantuan arus lalu lintas online juga bisa dilakukan melalui aplikasi Travoy Jasa Marga. Untuk mengunduhnya bisa melalui PlayStore di ponsel atau melalui link https://jasamargalive.com/.

Apabila sudah terunduh nantinya masyarakat bisa memantau kondisi CCTV sejumlah jalan tol seperti tol Solo-Ngawi, Semarang-Solo, dan sebagainya. Untuk cara memantau CCTV jasa marga, setelah aplikasi di-download klik pada menu “CCTV”.

3. CCTV Kota Malang

CCTV pemantuan arus lalu lintas online juga bisa dilihat di CCTV yang dipasang di jalan-jalan Kota Malang. Dengan memantau CCTV ini, pemantauan kondisi keramaian jalan saat mudik ke kota Malang bisa dilakukan dengan mudah. Adapun link CCTV pemantuan arus lalu lintas online Kota Malang bisa diakses melalui link berikut http://cctv.malangkota.go.id/.

4. CCTV Kabupaten Sukoharjo

Bagi Anda yang berencana mudik ke Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Anda juga bisa memantau kondisi lalu lintas secara live. Adapun pantauan CCTV jalan di sekitar Sukoharjo, bisa dilihat melalui laman milik Dinas Perhubungan Sukoharjo. Akses link CCTV Dishub Sukoharjo, bisa disimak melalui link berikut http://cctv-dishub.sukoharjokab.go.id/.

5. Kota Bandung

Bagi Anda yang akan mudik dari dan ke Kota Bandung, bisa melihat pengamatan CCTV Kota Bandung melalui Pelindung Bandung. Pelindung Bandung adalah aplikasi pemantau lalu lintas Kota Bandung yang menampilkan pantauan CCTV yang tersebar di banyak titik di Kota Bandung. Untuk memantau lalu lintas Kota Bandung, link CCTV bisa disimak melalui link berikut https://pelindung.bandung.go.id/maps.

Itulah daftar link CCTV pemantuan arus lalu lintas online. Selamat mudik, hati-hati di jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News