HOME, Keluarga

Panduan Membuat Kamar Mandi Kecil Terasa Lapang

Panduan Membuat Kamar Mandi Kecil Terasa Lapang

MOMSMONEY.ID - Tidak semua orang memiliki kemewahan berupa rumah yang luas dan lega sehingga harus bertahan dengan rumah yang memiliki ruangan-ruangan kecil, misalnya kamar mandi.

Kamar mandi yang kecil kadang memang terasa tidak nyaman karena rentan akan kelembapan dan kesan suram. Walaupun begitu, kamar mandi yang kecil tidak mesti harus terasa sempit. Ada trik-trik mudah yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan ruang di kamar mandi kecil, lo.

Penasaran bagaimana caranya memaksimalkan ruang di kamar mandi kecil? Dirangkum dari DIY Network dan Compact Appliances, berikut tipsnya.

Baca Juga: Mengenal Tipe-Tipe Apartemen yang Umum Ditemui di Indonesia

Gunakan warna-warna cerah

Untuk memberi ilusi ruangan yang terasa lapang dan luas, gunakan warna-warna cerah pada dinding dan lantai kamar mandi, misalnya warna putih dan krem. Jika Anda bosan dengan warna netral, coba gunakan warna-warna pastel yang lembut dan pucat seperti biru muda, hijau muda, atau pink.

Supaya kamar mandi tidak terasa monoton dan membosankan, tambahkan warna-warna gelap atau warna bold hanya sebagai aksen, misalnya pada dekorasi dan aksesoris kamar mandi.

Gunakan wastafel yang dipasang ke dinding

Jika Anda ingin memasang wastafel pada kamar mandi berukuran kecil, pertimbangkan untuk menggunakan wastafel dengan model wall-mount yang dipasang ke dinding.

Wastafel model ini akan menyisakan area lantai yang terbuka, sehingga akan memberikan kesan kamar mandi yang terasa lapang. Jika perlu, area kosong di bawah wastafel juga bisa dijadikan tempat penyimpanan.

Baca Juga: 5 Inspirasi Ruang Tamu dengan Warna Sejuk yang Bikin Tenang

Maksimalkan pencahayaan

Memaksimalkan pencahayaan di kamar mandi juga merupakan trik mudah untuk memberi kesan ruangan yang lebih luas. Anda bisa menggunakan jendela yang dipasang pada bagian atas dinding, atau memasang skylight dengan kaca buram pada atap kamar mandi.

Trik ini akan lebih maksimal jika kamar mandi Anda memiliki warna terang. Pasalnya, cahaya yang masuk dari jendela akan dipantulkan oleh warna terang tersebut, sehingga kamar mandi akan terasa makin luas.

Manfaatkan area vertikal

Supaya kamar mandi tidak terasa berantakan, manfaatkan area-area vertikal di kamar mandi sebagai tempat penyimpanan barang.

Salah satu cara yang paling umum adalah memasang gantungan baju dan lemari kabinet di dinding. Atau, Anda juga bisa memanfaatkan space di atas kloset untuk dipasangi rak dinding, lo. Jika memungkinkan, gunakan kabinet atau rak dengan warna yang sama dengan dinding kamar mandi supaya terlihat membaur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News