Keluarga

Pahami Simbol Segi Tiga Plastik yang Aman untuk Makanan dan Minuman di Rumah

Pahami Simbol Segi Tiga Plastik yang Aman untuk Makanan dan Minuman di Rumah

MOMSMONEY.ID - Plastik adalah bahan rumah tangga yang tidak bisa dihindari. Mulai dari botol minum, kotak makan hingga tempat pembuangan sampah. Banyaknya peralatan rumah tangga yang terbuat dari plastik, membuat Anda harus memahami kode yang tertera. 

Kode ini menjelaskan tingkat keamanan plastik, apalagi jika digunakan untuk makanan dan minuman panas. Jika tidak memperhatikannya, bisa saja Anda tidak sengaja memasukan bahan kimia berbahaya ke dalam tubuh.

Baca Juga: Banyak Dibatasi di Berbagai Negara, Benarkah BPA Bisa Memicu Kanker?

Bahan plastik yang paling aman digunakan untuk makanan dan minuman memiliki simbol segi tiga dengan angka 5 di tengahnya, dan tertera tulisan PP. Melansir Alodokter, jenis plastik Polypropylene (PP) ini tahan terhadap suhu tinggi dan aman digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman berulang. Biasanya bahan plastik ini digunakan untuk botol minuman bayi. 

Bahan plastik yang aman untuk makanan dan minuman berikutnya memiliki simbol angka dua di bagian tengah segi tiga. Di bagian bawah simbol tertera tulisan HDPE atau PE-HD. Jenis plastik High-Density Polyethylene (HDPE) memiliki ketahanan yang baik pada bahan kimia. Biasanya memiliki sifat kaku dan berwarna dan tahan suhu panas. Jenis plastik ini biasanya digunakan untuk galon isi ulang. 

Baca Juga: Bisakah Mengurangi Sampah saat Membersihkan Rumah? Simak Caranya di Sini!

Bahan plastik yang aman untuk minuman dan makanan selanjutnya bersimbol angka 1 di bagian tengah segi tiga. Pada bagian bawah simbol tertera tulisan PET atau PETE. Namun bahan ini hanya bisa digunakan sekali pakai. Jenis Polyethylene terephthalate (PET) jika digunakan berulang akan membahayakan kesehatan sebab bisa larut ke dalam minuman. Bahaya yang ditimbulkan jika berulang dipakai adalah munculnya penyakit hati, gangguan reproduksi dan hormon serta memicu kanker. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News