HOME, Keluarga

Pahami Plus dan Minus Produk Pembersih Buatan Sendiri

Pahami Plus dan Minus Produk Pembersih Buatan Sendiri

MOMSMONEY.ID - Produk pembersih rumah buatan sendiri belakangan ini mulai banyak digunakan untuk menggantikan produk pembersih konvensional buatan pabrik.

Memang, membuat produk pembersih rumah sendiri terlihat lebih mudah. Selain itu, produk pembersih rumah buatan sendiri biasanya menawarkan beberapa kelebihan dibandingkan versi pabriknya.

Namun, sama seperti semua hal lainnya, produk pembersih rumah buatan sendiri tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan. Yuk, simak dulu penjelasannya supaya Anda tidak asal membuat produk pembersih di rumah!

Baca Juga: 4 Hal Penting Diperhatikan Jika Gunakan Pembersih Rumah Buatan Sendiri

Kelebihan produk pembersih buatan sendiri

Lebih aman

Dikutip dari laman doityourself.com, keuntungan utama dari produk pembersih buatan sendiri adalah bahan-bahannya yang cenderung lebih alami dan gentle jika dibandingkan bahan-bahan pembersih buatan pabrik, sehingga dianggap lebih aman jika digunakan dalam jangka panjang.

Ramah lingkungan

Tak hanya alami dan aman, produk pembersih buatan sendiri umumnya terbuat dari bahan-bahan dapur seperti baking soda, cuka, air lemon, garam, dan lain-lain. Berbeda dengan bahan kimia keras yang biasanya terkandung di produk pembersih buatan pabrik, bahan produk pembersih buatan sendiri cenderung lebih mudah terurai dan tidak mencemari lingkungan.

Minim iritasi

Karena tergolong bahan kimia yang keras, produk pembersih buatan pabrik terkadang bisa memicu iritasi dan alergi, terutama pada bagian kulit dan pernapasan. Jika Anda atau anggota keluarga lainnya sensitif terhadap bahan kimia tertentu, menggunakan produk pembersih alami buatan sendiri bisa menjadi alternatif yang lebih sehat.

Baca Juga: Kenali Bahan Dapur yang Dapat Membersihkan Rumah, Dijamin Ampuh!

Kekurangan produk pembersih buatan sendiri

Belum tentu efektif

Produk pembersih buatan pabrik biasanya sudah dirancang dengan formula tertentu, sehingga bisa membersihkan kotoran dengan cepat dan efektif. Di sisi lain, produk pembersih buatan sendiri belum tentu efektif ketika digunakan, sehingga Anda harus menggunakannya berkali-kali supaya bisa bekerja semaksimal produk pembersih buatan pabrik.

Perlu riset mengenai bahan

Melansir laman Chicago Tribune, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan produk pembersih buatan sendiri karena bisa saja tidak cocok dengan permukaan yang dibersihkan. Contohnya, beberapa jenis bahan seperti cuka dan lemon bisa mengikis lapisan kayu, sementara baking soda bisa menggerus permukaan meja marmer dan granit.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk melakukan riset mengenai bahan-bahan yang akan dicampur, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan benda yang tepat.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan produk pembersih rumah buatan sendiri yang perlu dipahami. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News