Pahami Perbedaan Melasma, Flek, Freckles, dan Hiperpigmentasi pada Wajah

Reporter: Rizka Noveliana
Jumat, 25 November 2022 | 17:36 WIB
Pahami Perbedaan Melasma, Flek, Freckles, dan Hiperpigmentasi pada Wajah

ILUSTRASI. Pahami Perbedaan Melasma, Flek, Freckles, dan Hiperpigmentasi pada Wajah


MOMSMONEY.ID - Mungkin banyak yang belum menyadari perbedaan melasma, flek, freckles dan hiperpigmentasi pada kulit wajah. 

Masalah kulit ini memiliki bentuk seperti bintik-bintik hitam atau cokelat pada wajah yang terlihat sama, tetapi ternyata ada pembedanya. 

Masalah kulit pada wajah seperti melasma, flek hitam, freckles dan hiperpigmentasi memiliki perbedaan mulai dari penyebab hingga penanganannya.

Namun, secara umum masalah kulit tersebut disebabkan oleh faktor luar seperti paparan sinar matahari dan pemakaian obat-obatan.

Yuk, simak perbedaan melasma, flek, freckles dan hiperpigmentasi dilansir dari evamuliaclinic.com

1. Melasma

Melasma adalah kondisi saat muncul bercak-bercak cokelat di kulit wajah. Biasanya, melasma menyerang wanita yang sedang hamil, mengonsumsi pil KB, atau menjalani terapi hormon.

Melasma terjadi karena aktivasi melanosit yang berlebihan akibat hormon esterogen dan progesteron, sehingga memicu produksi melanin saat kulit terkena sinar matahari.

Melasama akan muncul di bagian pipi, hidung, bibir dan dahi. Masalah kulit ini dapat memudar sendiri saat wanita selesai hamil atau berhenti konsumsi pil KB. Gunakan krim pencerah kulit untuk menyamarkan perubahan warna melasma. 

2. Flek 

Selanjutnya, flek dikenal sebagai bintik-bintik penuaan atau age spot adalah jenis hiperpigmentasi yang dianggap sebagai tanda penuaan dan berkurangnya kemampuan kulit untuk mengatasi kerusakan akibat paparan sinar matahari. Biasanya, bercak terjadi pada wanita yang berusia 40-an.

Baca Juga: Promo Traveloka 12.12 Sale, Nikmati Kupon Diskon Hotel Domestik s.d Rp1,2 Juta

3. Freckles

Pada Freckles, terbentuk dari kumpulan kluster melanin yang berbasis cahaya dan dapat diperburuk oleh paparan sinar matahari. Bintik-bintik ini lebih sering terjadi pada wanita berkulit putih dan dipengaruhi oleh faktor genetik.

Walaupun beberapa pria menganggap wanita dengan bintik-bintik ini cukup menarik, wanita masih cenderung menginginkan kulit mulus dan berusaha menghilangkannya.

4. Hiperpigmentasi

Masalah kulit yang juga cukup sering dialami pada wajah yaitu hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi yang terjadi pasca inflamasi pasca produksi melanin yang disebabkan karena proses inflamasi atau peradangan.

Peradangan akan terjadi jika kulit mengalami trauma pada bagian kulit atau epidermis yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti jerawat, dermatitis, luka, infeksi hingga reaksi alergi.

Itulah perbedaan melasma, flek, freckles dan hiperpigmentasi yang perlu Anda tahu. 

Selanjutnya: Perkuat Pasar, House of Roman Semarang Tempati Gedung Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER