HOME, Bugar

Pahami Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kulit dan Waktu yang Tepat Melakukannya

Pahami Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kulit dan Waktu yang Tepat Melakukannya

MOMSMONEY.ID - Seperti yang Anda tahu bahwa berjemur di pagi hari memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Sinar matahari di pagi hari menghasilkan vitamin D yang berfungsi untuk merawat dan menjaga tubuh Anda salah satunya pada kulit. 

Namun, jangan asal berjemur ya karena paparan sinar matahari juga dapat membuat kulit Anda rusak seperti munculnya flek hitam, keriput, garis-garis halus bahkan kanker kulit. Melansir dari pure.co.id, sinar UV yang dibutuhkan manusia adalah sinar UV B untuk membantu tubuh memproduksi vitamin D.

Anda bisa mendapatkan paparan sinar UV B pada pukul 8 hingga 10 pagi. Bahkan, paparan sinar UV A yang muncul pada jam 6 hingga 7 pagi sebaiknya dihindari oleh tubuh karena dapat menyebabkan kerusakan kulit. Selain itu, durasi saat berjemur juga perlu Anda pahami, disarankan sekitar 5 hingga 15 menit saja tergantung dari warna kulit. 

Semakin gelap warna kulit, maka semakin lama paparan sinar matahari yang dibutuhkan. Waktu berjemur tidak boleh dilakukan terlalu siang atau terlalu lama karena dapat mengakibatkan kerusakan kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit. 

Berjemur

Baca Juga: 4 Rekomendasi Peeling Serum Viral yang Harus Anda Coba

Pada kulit, berjemur di pagi hari mempunya manfaat untuk memperbaiki kulit Anda. Paparan sinar matahari adalah cara paling efisien untuk memperbaiki kondisi kerusakan kulit, dikarenakan mampu meningkatkan produksi Vitamin D pada tubuh. Melansir anessa.id, ada beberapa kondisi kulit yang dapat diperbaiki oleh sinar matahari, seperti: 

  • Kulit berjerawat
  • Eksim pada kulit, yaitu kondisi di mana kulit mengalami peradangan, bengkak, kemerahan atau rasa gatal
  • Psoriasis, yaitu kondisi di mana sel kulit mati menumpuk dan menghasilkan bercak bersisik yang gatal dan kering
  • Menyamarkan bekas luka pada kulit.

Selain itu, berjemur di pagi hari juga dapat mendetoks tubuh. Detok tubuh berfungsi untuk mengeluarkan racun yang menumpuk sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Detoks tubuh memberikan manfaat seperti mengurangi stress dan membuat perasaan menjadi rileks, serta mengatasi masalah tidur Anda. 

Jika Anda dapat mengatasi stres dan mengatur pola tidur, maka kondisi kulit pun juga akan ikut sehat. 

Selanjutnya: Ketahui 4 Bahan Natural untuk Mencerahkan Kulit dalam Kandungan Produk Skincare

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News