HOME, Bugar

Pahami Jenis-Jenis AHA ( Alpha Hydroxy Acids) Sebelum Membeli Skincare

Pahami Jenis-Jenis AHA ( Alpha Hydroxy Acids) Sebelum Membeli Skincare

MOMSMONEY.ID - Bahan aktif AHA (Alpha Hydroxy Acids) cukup sering ditemukan, ternyata lebih dari itu AHA memiliki banyak jenis-jenisnya. Setiap jenis AHA mempunyai fungsi dan keunikannya tersendiri. Kandungan AHA biasanya sering ditemukan pada produk skincare untuk perawatan eksfoliasi.

Agar bisa mengenal lebih jauh tentang AHA ( Alpha Hydroxy Acids), berikut penjelasan singkat tentang jenis-jenis AHA ( Alpha Hydroxy Acids) yang bersumber dari loreal-paris.co.id, yaitu: 

1. Lactic acid (asam laktat)

Jenis-jenis AHA ( Alpha Hydroxy Acids) yang pertama adalah Lactic acid (asam laktat). Asam laktat memiliki molekul yang sedikit lebih besar sehingga mengurangi kemampuannya untuk menembus lapisan terluar kulit. Lactic acid juga memiliki kemampuan untuk menghidrasi kulit, serta mendorong peluruhan sel-sel kulit mati dengan lembut.

2. Glycolic acid (asam glikolat)

Selanjutnya, Glycolic acid merupakan asam paling banyak ditemukan di produk eksfoliasi. Glycolic acid paling mudah menyerap ke dalam lapisan kulit karena molekulnya yang kecil. Asam glikolat dapat meningkatkan produksi kolagen serat elastin, serta memiliki kemampuan alami untuk menghidrasi kulit. Kandungan ini membuat glycolic acid memiliki fungsi AHA berupa perawatan anti-aging.

3. Citric acid (asam sitrat)

Jenis-jenis AHA ( Alpha Hydroxy Acids) selanjutnya yaitu Citric acid (asam sitrat). Asam ini didapatkan pada jenis buah-buahan sitrus seperti jeruk dan lemon, citric acid dikenal kaya akan kandungan antioksidan.

Sama seperti tartaric acid, citric acid juga dapat menyeimbangkan kadar pH kulit serta mengusir bakteri penyebab jerawat. Selain itu, Asam sitrat juga dapat membantu mencerahkan kulit wajah jika digunakan secara rutin.

Baca Juga: Tanpa Disadari, Hindari Kebiasaan Ini yang Membuat Kulit Makin Berminyak

4. Malic acid (asam malat)

Malic acid atau asam malat termasuk juga jenis-jenis AHA. Jenis Alpha Hydroxy Acids ini tak hanya memberikan manfaat bagi kecantikan kulit saja, namun juga dikenal berkat manfaat antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Tak heran jika banyak suplemen kesehatan yang juga mengandung malic acid karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

5. Tartaric acid (asam tartarat)

Jenis-Jenis AHA ( Alpha Hydroxy Acids) lainnnya adalah Tartaric acid (asam tartarat). Asam ini didapatkan secara alami dari buah anggur merah, asam ini memiliki ukuran molekul yang lebih besar jika dibandingkan dengan Glycolic acid, Lactic acid  dan Malic acid. Akan tetapi, tartaric acid juga dapat membantu proses eksfoliasi kulit dengan lembut. Sayangnya, tartaric acid lebih dikenal karena dapat membantu menyeimbangkan pH alami kulit.

6. Mandelic acid (asam mandelat)

Jenis-Jenis AHA ( Alpha Hydroxy Acids) terakhir yaitu Mandelic acid (asam mandelat). Jenis asam ini cukup jarang digunakan dengan jenis asam lainnya. Akan tetapi, ukuran molekulnya yang terbesar dapat menjadi pilihan terbaik untuk para pemilik kulit sensitif.

Hal ini dikarenakan penetrasinya yang lebih lambat ke dalam kulit. Selain itu, mandelic acid dapat mendorong produksi minyak alami di permukaan kulit, sehingga bermanfaat bagi Anda yang memiliki tipe kulit cenderung kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News