HOME, InvesYuk

Pahami Dulu Manfaatnya Sebelum Membeli Unitlink

Pahami Dulu Manfaatnya Sebelum Membeli Unitlink

MOMSMONEY.ID - Banyak orang yang masuk  berinvestasi ke produk unitlink. Tapi, tak sedikit pula investor yang keluar berinvestasi dari unit link. Kebanyakan dari mereka menganggap, keuntungan yang didapat dari unitlink tidak maksimal seperti investasi pada umumnya. 

Kenapa bisa begitu? Boleh jadi, hal ini lantaran pembeli atau nasabah kurang paham tentang produk unitlink. 

Mike Rini, perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi, mengatakan bahwa ada dua hal yang membuat orang merasa tidak puas dengan unitlink. Pertama, kurang paham soal produk. Kedua, kurang paham soal kebutuhannya. 

Makanya, "Sebelum kita beli, harus paham dahulu produknya apa dan sesuaikan dengan kebutuhannya," kata Mike. 

Mike menilai, unitlink tidak cocok untuk semua investor. Hanya segelintir orang saja yang sebenarnya cocok untuk membeli produk ini. 

Masalahnya, agen dari unitlink biasanya kurang mengedukasi calon pembelinya, sehingga mereka tidak paham betul mengenai produknya.

Maklum saja, agen kerap dikejar target penjualan, sehingga yang terpenting unitlink yang mereka jual itu laku.

Baca Juga: Di Balik Kontroversi, Ini Dia Sebenarnya Manfaat Unitlink

Seharusnya, agen juga benar-benar menyeleksi customer sebelum membeli unitlink. Sama seperti saat memberi pinjaman, ada ketentuan siapa saja yang berhak mendapatkannya.  

"Di unitlink, tools itu tidak ada, makanya banyak yang merasa tidak cocok. Padahal dananya sudah masuk banyak," kata Mike

Tak heran bila banyak kasus, di tengah jalan, investor atau nasabahnya justru merasa kurang cocok dan memunculkan masalah. Bahkan, memutuskan keluar dari produk ini. 

Mike menekankan bahwa unitlink ini tujuannya lebih kepada menyimpan dana atau mengamankan dana. Beda dengan mencari profit. 

"Produk ini lebih konservatif. Sifatnya menabung dengan dibelikan produk keuangan pemerintah," ujarnya. 

Mike memberikan contoh kebutuhan yang cocok menggunakan produk ini. Misalnya  seseorang hanya butuh proteksi sebagai  tulang punggung. Maka dia bisa membeli unitlink yang bisa menghasilkan uang ketika dirinya meninggal dan keluarga yang ditinggalkan tetap hidup dari uang itu. 

Jadi, yang diutamakan adalah bagaimana kalau dia meninggal dan butuh modal cukup untuk yang ditinggalkan. Maka ini bisa menggunakan unitlink. 

"Terlebih lagi kalau dananya pas-pasan. Dengan unitlink bisa dapat beberapa manfaat dalam  satu produk," ujar Mike.
Kalau memang berkeinginan memperoleh untung yang tinggi, Mike bilang, pisahkan asuransi dan proteksi. Adapun Mike pribadi akan lebih memilih satu produk tapi dengan manfaat sesuai kebutuhan. 

"Kalau ada satu produk yang bisa kover semua tetapi lebih mahal sedikit, saya akan lebih pilih itu. Karena lebih praktis, kan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News