HOME, Bugar

Pahami Cara Mencegah Komedo Putih di Wajah

Pahami Cara Mencegah Komedo Putih di Wajah

MOMSMONEY.ID - Komedo putih adalah komedo yang terlihat seperti bintik-bintik kecil yang berwarna putih atau kuning. Komedo ini disebabkan oleh minyak dan bakteri terperangkap di bawah permukaan kulit lalu mengeras.

Biasanya, komedo muncul di wilayah kulit berminyak seperti hidung, dagu dan dagi. Komedo yang muncul ke permukaan wajah dapat mengurangi kepercayaan diri. Agar tidak semakin parah, anda harus paham cara mencegah komedo putih di wajah, yakni:

  • ​Selalu membersihkan wajah

Hal dasar yang anda lakukan yaitu selalu membersihkan wajah. Bersihkan wajah anda setelah bangun tidur dan sebelum tidur. Agar proses regenerasi kulit terjaga dan pori-pori tidak tersumbat, pastikan wajah anda bersih dari kotoran, debu dan make up yang menempel di wajah.

Hindari menggunakan bahan yang comedogenic dan memencet jerawat yang dapat mengakibatkan pecahnya folikel rambut. Hal ini membuat pori-pori lebih mudah untuk tersumbat.

Baca Juga: Moms, Ini 6 Urutan Hair Care Routine dengan Baik dan Tepat

  • Chemical peeling

Melansir dari thread.zalora.co.id, chemical peeling memiliki manfaat untuk mengangkat sel kulit mati untuk mempercepat regenerasi kulit baru, sehingga kulit menjadi lebih cerah, bersih, dan glowing. Selain itu, dapat memudarnya garis halus dan kerutan di wajah, menyamarkan bintik-bintik hitam akibat sinar matahari, serta menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata.

Anda bisa melakukan chemical peeling di klink kecantikan dan perawatan sendiri di rumah. Namun, jika anda melakukan perawatan di rumah, anda harus memperhatikan bahan dan cara petunjuk dari skincare yang digunakan. 

  • Hindari bahan dapur untuk wajah

Ternyata bahan dapur tidak baik untuk wajah, loh. Ada beberapa bahan dapur yang sebaiknya anda hindari seperti lemon, cuka, dan asam dapur lainnya. Dikarenakan bahan-bahan tersebut dapat merusak skin barrier kulit, apalagi untuk anda yang memiliki wajah yang sensitif. 

  • Pola makan sehat

Pastinya anda harus mengatur pola makan sehat. Melansir dari wikihow, ada beberapa makanan yang dapat memunculkan jerawat dan minyak berlebih ke wajah. Selain itu, hindari mengonsumsi gula dan lemak secara berlebih agar wajahmu bisa terbebas dari komedo putih. Anda bisa perbanyak asupan buah dan sayur.

Moms, mungkin cara ini bisa membantu anda untuk mencegah komedo putih di wajah. Jika anda ingin menghilangkan komedo putih, anda bisa melakukan perawatan mandiri di rumah dengan bahan-bahan alami atau produk skincare yang aman. 

Selanjutnya: 4 Cara Scrub Bibir yang Baik dan Benar  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News