Bugar

Pahami Cara Memilih Produk Skincare Sesuai Jenis Kulit di Sini

Pahami Cara Memilih Produk Skincare Sesuai Jenis Kulit di Sini

MOMSMONEY.ID - Memilih produk skincare memang cukup membingungkan, ya. Oleh karena itu, Anda bisa mengikuti cara memilih produk skincare sesuai jenis kulit yang dimiliki. 

Tentunya, Anda tidak ingin mendapatkan masalah kulit  baru karena salah memilih produk skincare, seperti jerawat, kulit iritasi dan kemerahan.

Untuk lebih jelasnya, simak cara memilih produksi skincare sesuai dengan jenis kulit dilansir dari senka.id:

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri dan Cara Mencegah Kulit Kering dengan Benar, Tidak Sulit!

Kenali jenis kulit Anda

Setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda-beda karena hal itu alamiah muncul dari kulit. Kulit wajah memiliki beberapa jenis, seperti kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit sensitif dan kulit kombinasi.  

1. Kulit normal

Jenis kulit normal memiliki tingkat sebum atau minyak serta hidrasi yang seimbang, sehingga kulit ini tidak terlalu kering atau berminyak, atau singkatnya memiliki tingkat kelembapan yang pas.

Dengan tingkat kelembapan yang pas, kulit normal jarang mengalami masalah kulit wajah seperti kulit kusam, hiperpigmentasi, atau pori-pori yang tampak besar. 

2. Kulit kering

Jenis kulit ini memiliki tekstur yang kasar, kering dan mudah terkelupas akibat tingkat kelembapan yang rendah. Pada umumnya, pemilik kulit kering sering menghadapi masalah kulit yang mudah iritasi sehingga menimbulkan kemerahan atau jerawat.

Baca Juga: Inilah 4 Kesalahan Memakai Sheet Mask di Malam Hari, Apa Saja?

3. Kulit berminyak

Jenis kulit ini terlihat licin dan mengkilap. Disebabkan oleh minyak atau sebum berlebih pada wajah yang dihasilkan oleh kelenjar minyak yang berada di bawah permukaan kulit.

Biasanya, pemilik kulit berminyak cenderung mengalami masalah kulit seperti jerawat, komedo dan bruntusan akibat pori-pori yang tersumbat oleh kotoran dan make up.

4. Kulit sensitif

Kulit sensitif adalah jenis kulit wajah yang mudah mengalami iritasi. Jenis kulit sensitif sangat mudah terserang gatal, alergi, serta iritasi sebagai reaksi terhadap faktor tertentu mulai dari lingkungan, makanan, hingga produk skincare atau kosmetik yang digunakan.

5. Kulit kombinasi

Jenis kulit ini paling sering dialami oleh wanita Indonesia. Kulit kombinasi adalah perpaduan jenis kulit berminyak dan kering, normal atau sensitif di bagian wajah tertentu. 

Biasanya bagian kulit yang berminyak berada pada T-zone yaitu area dahi, hidung, dan dagu. Sementara, kulit yang terasa kering atau normal biasanya ada pada bagian mata, mulut, atau pun pipi.

Baca Juga: 4 Bahan Alami yang Ampuh Menghitamkan Rambut, Menarik Dicoba! oba!

Perhatikan Reaksi Kulit Anda

Setelah mengetahui jenis kulit Anda, cara selanjutnya adalah perhatikan reaksi kulit Anda saat menggunakan produk skincare tersebut.

Biasanya, reaksi tidak cocok pada produk skincare tertentu berupa timbulnya jerawat, rasa perih yang berlebihan, kulit menjadi sangat kering, dan iritasi. 

Anda bisa menggunakan patch test untuk mengetahui apakah produk tersebut cocok dengan kulit anda atau tidak, yakni:

1. Pilih salah satu bagian kulit

Pilihlah salah satu bagian kulit yang bisa dilakukan patch test. Disarankan Anda bisa memilih bagian kulit di bawah telinga, lekukan sikut, atau bagian atas punggung.

2. Aplikasikan sedikit produk skincare ke kulit

Setelah menentukan bagian kulit, Anda bisa aplikasikan sedikit produk skincare ke kulit. Namun, pastikan bagian kulit tersebut dalam keadaan bersih, ya. 

Baca Juga: 5 Kesalahan Pakai Bronzer yang Membuat Wajah Terlihat Lebih Tua

3. Tutup dengan kapas

Jika anda sudah mengaplikasikan produk skincare pada bagian kulit, cara selanjutnya yaitu dengan menutup bagian kulit tersebut dengan kapas selama 24 jam. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah ada reaksi negatif pada kulit.

4. Lihat reaksinya

Jika tidak ada reaksi tertentu selama 24 jam, itu berarti kulit Anda cocok dengan produk skincare yang akan digunakan.

Namun, jika ada reaksi berupa gatal, kemerahan, atau terasa perih, sebaiknya Anda segera membuka penutup patch test (bahkan jika belum mencapai 24 jam) dan tidak dianjurkan menggunakan produk skincare tersebut pada wajah, ya.

Sekarang Anda sudah tahu cara mengenal jenis kulit dan cara memilih produk skincare yang tepat. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News