HOME, Bugar

Pahami Cara Eksfoliasi Wajah Sesuai Jenis Kulit Anda

Pahami Cara Eksfoliasi Wajah Sesuai Jenis Kulit Anda

MOMSMONEY.ID - Eksfoliasi memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan kulit wajah. Namun, jika Anda melakukannya dengan tepat sesuai jenis kulit wajah yang dimiliki. Ternyata, setiap jenis kulit memiliki cara eksfoliasi wajah yang berbeda-beda.

Cara eksfoliasi ada dua jenis yaitu secara fisik dan kimia. Eksfoliasi sendiri berfungsi untuk mencerahkan kulit, menghaluskan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Agar tidak mengalami kesalahan, inilah cara eksfoliasi wajah yang tepat sesuai jenis kulit Anda dilansir dari loreal-paris.co.id, yaitu: 

1. Kulit Berminyak

Cara eksfoliasi wajah untuk kulit berminyak yaitu scrub atau alat pembersih seperti sikap wajah.  Anda bisa memilih butiran scrub yang halus, atau sikat wajah dengan serat bulu yang halus dan lembut sesuai kebutuhan. Anda juga bisa menggunakan produk eksfoliasi kimia yang mengandung BHA.

Eksfoliasi kulit berminyak dapat membantu menghilangkan minyak berlebih dan mencegah jerawat berkembang. Anda yang memiliki kulit berminyak umumnya dapat menolerir peluruhan sel-sel kulit mati sampai tiga kali dalam seminggu.

Baca Juga: Merawat Kulit Anda, Inilah Manfaat Vitamin B untuk Kecantikan Kulit

2. Kulit Kering

Pada kulit kering proses produksi sel-sel kulit mati cenderung lebih cepat. Hindari melakukan eksfoliasi secara fisik di kulit kering, karena prosesnya cenderung menjadikan kulit semakin kering dan dapat menyebabkan iritasi.

Sebaiknya, gunakan eksfoliasi berbahan PHA atau AHA berupa glycolic acid efektif untuk kulit kering. Glycolic acid akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang menempel di permukaan kulit dan memaksimalkan proses pergantian sel-sel kulit yang baru.

Lanjutkan dengan aplikasi pelembap dan sunscreen setelah aplikasi eksfoliator AHA dan PHA karena membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

3. Kulit Kombinasi

Selanjutnya, cara eskfoliasi untuk kulit kombinasi yaitu lakukan kombinasi eksfoliasi. Kulit kombinasi terbentuk dari dua jenis kulit. Jika kulit kombinasi Anda adalah jenis normal-berminyak, Anda bisa memilih untuk menggunakan eksfoliator fisik atau mencoba eksfoliator kimia berupa BHA. Jika di wajah Anda ada area yang kering dan area yang berminyak, maka aplikasikan eksfoliator kimia yang sesuai untuk masing-masing area tersebut.

4. Kulit Sensitif

Cara eksfoliasi untuk kulit sensitif sebaiknya hindari melakukan eksfoliasi secara fisik karena akan menyebabkan kulit menjadi iritasi dan meradang. Anda bisa mencoba menggunakan eksfoliator kimia yang ringan, yaitu PHA, yang daya iritasinya kurang dibanding asam lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News