HOME, Keluarga

Pahami Arti Ikan Mas dalam Feng Shui, Bawa Banyak Rezeki!

Pahami Arti Ikan Mas dalam Feng Shui, Bawa Banyak Rezeki!

MOMSMONEY.ID - Ada banyak sekali jenis ikan hias yang populer di kalangan masyarakat Indonesia, salah satunya ikan mas atau gold fish.

Ikan yang satu ini terkenal dengan warna-warnanya yang cerah dan mencolok, sehingga ikan mas dapat membantu menghidupkan suasana rumah Anda.

Namun, tahukah Anda bahwa ikan mas tak hanya berfungsi untuk mempercantik rumah?

Dalam feng shui, ada beberapa hewan yang dianggap penting karena dipercaya memiliki makna baik dan dapat mendatangkan keberuntungan. Nah, ikan mas adalah salah satu hewan yang dimaksud.

Nah, apa saja makna-makna dari ikan mas sehingga hewan ini banyak digunakan untuk mendatangkan feng shui yang baik? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Bikin Rumah Terasa Hangat, Ini Makna Warna Kuning Menurut Feng Shui

Makna ikan mas dalam feng shui

Dilansir dari The Spruce, ikan dan elemen air sama-sama melambangkan keberuntungan, kemakmuran, dan kelimpahan.

Jadi, jika digabungkan, keduanya akan mendatangkan keberuntungan yang berlipat ganda. Untuk menggabungkannya, Anda bisa memelihara ikan di dalam akuarium atau menggunakan lukisan ikan yang berenang.

Dalam feng shui, jenis ikan yang biasanya dipelihara di dalam akuarium adalah ikan mas. Warnanya yang keemasan melambangkan kekayaan dan kemakmuran, sehingga dianggap sebagai simbol keberuntungan yang melimpah.

Lokasi akuarium

Melansir Apartment Therapy, lokasi akuarium ikan mas turut menentukan aspek apa dalam hidup Anda yang akan dilimpahi keberuntungan.

Berikut beberapa lokasi yang disarankan untuk menempatkan akuarium ikan mas:

  • Di sebelah kiri pintu utama atau pintu depan (jika dilihat dari dalam rumah) untuk meningkatkan energi baik di dalam hidup.
  • Di sisi timur rumah untuk meningkatkan energi, ambisi, kesehatan, dan hubungan keluarga.
  • Di sisi tenggara rumah untuk meningkatkan kekayaan dan kelimpahan.
  • Di sisi utara rumah untuk meningkatkan keberuntungan dalam karier.

Baca Juga: Terlihat Elegan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Furnitur Rumah Berbahan Kaca

Bentuk akuarium

Tak hanya lokasi akuarium, bentuk akuarium ikan mas yang digunakan pun juga melambangkan elemen tertentu dan dapat meningkatkan hoki di rumah Anda.

Berikut beberapa bentuk akuarium ikan yang biasanya digunakan beserta maknanya:

  • Akuarium bulat yang menyerupai mangkuk melambangkan elemen logam, yang berkaitan dengan presisi dan kebahagiaan dalam hidup. Bentuk akuarium ini cocok diletakkan di sisi utara rumah.
  • Akuarium balok (persegi panjang) melambangkan elemen kayu yang berkaitan dengan kesembuhan dan pertumbuhan, cocok diletakkan di sisi tenggara rumah.
  • Akuarium kubus melambangkan elemen tanah yang bersifat stabil, cocok diletakkan di sisi tenggara rumah.

Baca Juga: Tips Feng Shui untuk Dekorasi Rumah Berwarna Biru, Seperti Apa?

Jumlah ikan

Terakhir, Anda juga perlu memperhatikan jumlah ikan mas yang dipelihara di dalam akuarium.

Mengutip laman Fengshuied, jumlah ikan mas yang berada di akuarium melambangkan harapan-harapan tertentu. Dalam feng shui, Anda disarankan memelihara delapan atau sembilan ikan karena dianggap sebagai angka yang paling beruntung, sehingga turut melancarkan rezeki Anda.

Jika delapan atau sembilan ikan dirasa terlalu banyak, cobalah untuk memelihara ikan dalam jumlah ganjil. Sebab, angka ganjil melambangkan unsur yang sehingga dapat menghadirkan banyak energi kehidupan.

Itulah makna ikan mas dalam feng shui beserta penggunaannya yang perlu Anda ketahui. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News