HOME, Bugar

Pahami 7 Cara Tepat Menguatkan Rambut dari Akar, Cobain Yuk!

Pahami 7 Cara Tepat Menguatkan Rambut dari Akar, Cobain Yuk!

MOMSMONEY.ID - Memiliki rambut sehat dan berkilau adalah impian banyak wanita. Salah satu ciri rambut sehat adalah rambut kuat dari akar, tidak mudah patah. Namun, tidak semua orang bisa merawat rambut dengan tepat.

Oleh karena itu, Anda bisa mengikuti beberapa cara tepat di bawah ini. Untuk memiliki rambut kuat dari akar, berikut cara merawatnya dilansir dari dove.com, yaitu: 

Rambut

1. Perhatikan asupan vitamin

Cara tepat meguatkan rambut dari akar pertama adalah perhatikan asupan vitamin. Menguatkan rambut dari akar tentu juga harus merawatnya dari dalam. Artinya, Anda perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Akar rambut yang kuat dapat tercipta saat Anda memenuhi kebutuhan vitamin A, vitamin B (khususnya biotin yang dapat ditemukan pada telur, salmon, hati, alpukat, dan lain-lain), vitamin C, vitamin D, vitamin E, zat besi, dan zinc.

2. Gunakan air dingin saat keramas

Selanjutnya, cara menguatkan rambut dari akar yaitu gunakan air dingin saat keramas. Mencuci rambut dengan air panas dipercaya dapat meningkatkan risiko kerusakan rambut, mulai dari rambut rontok hingga rambut kering.

Jika cuaca sangat dingin, Anda bisa gunakan air suam-suam kuku untuk melindungi rambut. Lalu akhiri sesi keramas Anda dengan siraman air dingin ke rambut dan kulit kepala untuk mengunci kelembaban rambut di kutikula.

3. Pijat lembut kulit kepala

Saat keramas biasanya untuk memijat lembut kulit kepala. Kebiasaan memijat kulit kepala dengan lembut juga terbukti dapat menguatkan akar rambut. Hal ini dikarenakan saat dipijat, sirkulasi darah ke kepala, termasuk ke folikel rambut, akan meningkat.

Anda bisa memijatnya selama kurang lebih 4 menit setiap hari, dalam keadaan rambut basah atau kering.

Baca Juga: Perhatikan! Ini 3 Cara Memilih Produk Anti Aging yang Bagus Buat Kulit

4. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup memiliki banyak pengaruh pada tubuh, termasuk rambut. Rambut yang sehat tidak hanya dapat bisa diperoleh berkat produk perawatan pilihan, asupan sehat, dan kebiasaan yang baik, waktu tidur yang cukup juga diperlukan untuk menyehatkan rambut.

Buatlah rutinitas tidur yang sehat setiap hari. Pikirkan juga posisi rambut saat Anda tidur. Agar asupan oksigen dapat terdistribusi dengan baik sampai ke ujung rambut, sebaiknya jangan menekan seluruh rambut saat tidur.

5. Hindari stres

Stres bisa merusak kesehatan rambut Anda, loh. Saat Anda stres, tubuh akan menghasilkan hormon kortisol yang tidak hanya mengancam kekuatan fisik tubuh, tapi juga mempengaruhi kesehatan rambut.

Jika Anda sedang mengalami hari-hari yang berat di mana level kortisol sedang tinggi-tingginya, cobalah untuk lakukan meditasi, minimal 20 menit sehari, untuk mengembalikan kadar hormon. Dengan cara ini, Anda bisa menguatkan akar rambut secara optimal.

6. Kurangi tingkat kepanasan alat styling rambut

Cara menguatkan rambut dari akar berikutnya yaitu kurangi tingkat kepanasan alat styling rambut. Seberapa sering Anda mengeringkan rambut dengan hair dryer atau meluruskan rambut dengan catokan? kini saatnya untuk menurunkan tingkat kepanasan dari alat-alat tersebut.

Alasannya, paparan panas yang dihasilkan sangat berbahaya untuk rambut dan dapat membuat rambut rusak, patah-patah, dan kering. Untuk meminimalisirnya, gunakan hair dryer dengan jarak sekitar 12 cm dari rambut. Kurangi juga frekuensi penggunaan alat-alat hair styling, misalnya menjadi 2-3 kali seminggu saja.

7. Hindari jenis hairstyles tertentu

Terakhir, cara menguatkan rambut dari akar adalah hindari jenis hairstyles tertentu. Perempuan yang berambut panjang, pasti sangat menyukai gaya rambut ponytail yang tinggi dan ketat karena dapat membuat penampilan lebih menarik dan nyaman.

Akan tetapi, hairstyle tersebut ternyata tidak sehat untuk rambut. Cara untuk menguatkan akar rambut adalah dengan tidak menguncir rambut dengan ketat. Tata rambut seperti ini akan membuat rambut mudah patah.

Berhati-hati juga jika Anda suka mengepang rambut. Kepangan rambut biasanya memberikan tekanan lebih besar pada setiap helai rambut yang membuatnya jadi berisiko mengalami kerusakan.

Buat yang suka mengganti warna rambut juga harus menghentikan kebiasaan ini jika Anda mau menguatkan akar rambut.

Bahan kimia yang terdapat pada pewarna rambut tentu akan mempengaruhi kesehatan rambut Anda secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News