HOME, Bugar

Pahami 7 Cara Merawat Rambut Berhijab, Gunakan Hijab Saat Rambut Kering

Pahami 7 Cara Merawat Rambut Berhijab, Gunakan Hijab Saat Rambut Kering

MOMSMONEY.ID - Masalah yang cukup sering dialami oleh wanita berhijab seperti rambut gatal, kering, bercabang dan rontok. Namun, hampir semua wanita lain pernah mengalami masalah ini. Anda tetap perlu merawat rambut dengan tepat agar terhindar dari berbagai masalah rambut.

Apalagi bagi anda yang sering melakukan kegiatan di luar ruangan. Oleh karena itu, pahami beberapa cara merawat rambut berhijab agar tetap sehat dan indah. Berikut caranya yang sudah dilansir dari blog.marthatilaarshop.com, yaitu :

1. Pahami Jenis Rambut

Pertama, pahami jenis rambut anda. Tidak hanya kulit, tetapi jenis rambut juga harus diketahui agar kebutuhan rambut dapat terpenuhi. Perawatan untuk rambut lurus, rambut keriting, dan rambut bergelombang memiliki cara yang berbeda.

Ada baiknya setelah mencuci rambut dengan shampoo, gunakan juga conditioner. Penggunaan conditioner bermanfaat untuk menghindari rambut lepek, terutama untuk anda yang berambut lurus.

2. Pilihlah Sampo Khusus

Cara merawat rambut berhijab selanjutnya adalah pilihlah shampo khusus. Anda harus memilih sampo sesuai dengan permasalahan rambut yang anda hadapi. Pertama, perhatikan kandungan sampo dan condisioner untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Saat keramas, anda tidak boleh terlalu sering karena akan membuat rambut menjadi kering. Rambut yang kering dapat mengakibatkan munculnya ketombe dan gatal pada kulit kepala. Disarankan keramas minimal dua hari sekali. 

Produk-produk Procter & Gamble

3. Gunakan Conditioner dan Masker Rambut

Jangan lupakan conditioner dan masker rambut pada perawatan rambut sehari-hari. Conditioner dan masker rambut memiliki fungsi untuk menutrisi rambut. Banyak jenis masker rambut yang bisa anda gunakan sesuai dengan jenis dan permasalahan rambut.

Menggunakan masker rambut bermanfaat untuk menjaga vitamin pada rambut agar tidak hilang dan tidak membuat rambut rusak. Anda bisa mencoba masker rambut berbahan argan oil. Kandungannya sangat baik untuk rambut berhijab agar tetap terjaga kesehatannya. Untuk hasil optimal, gunakan masker rambut rutin setiap kali keramas.

Baca Juga: 3 Langkah Mudah dan Cepat Membersihkan Spons Makeup, Cuma Butuh 10 Menit

4. Keringkan Rambut Sebelum Mengenakan Hijab

Kejadian ini sering anda sepelekan, padahal anda perlu mengeringkan rambut dahulu sebelum menggunakan hijab. Sebab, saat rambut basah ditutup dalam waktu yang lama bisa menyebabkan rambut mudah rapuh dan gatal. Jika anda memiliki rambut kering hindarilah pemakaian hair dryer.

Uap panas dari hair dryer akan membuat rambut semakin kering dan rusak. Angin-anginkan secara alami atau gunakan kipas angin untuk mengeringkannya. Atau bisa juga dengan menghanduki rambut hingga sudah tidak terasa basah.

5. Gunakan Sisir Rambut dengan Lembut

Cara merawat rambut berhijab selanjutnya adalah menyisir rambut dengan rapi dan lembut. Agar rambut tidak mudah rontok, disarankan anda menyir rambut dengan lembut dan dalam keadaan setengah kering.

Bagi kamu yang mengenakan hijab pastinya akan selalu dalam keadaan tergulung atau diikat. Kebiasaan menyisir rambut secara lembut akan membuat rambut tetap rapi, tidak kusut, dan tidak mudah rontok meski mengenakan hijab seharian.

Rambut bercabang

6. Potong Rambut secara Berkala

Wanita berhijab perlu memoting rambut secara berkala untuk menghindari ujung rambut kering dan bercabang. Lakukan setiap 2 sampai 4 bulan sekali atau jika ujung rambut sudah mulai kering dan bercabang.

7. Gunakan Hijab yang Tepat

Cara merawat rambut berhijab lainnya dengan menggunakan hijab yang tepat. Anda perlu memilih hijab yang sesuai dengan kegiatan anda. Gunakan bahan jilbab yang lembut dan ringan seperti katun, jersey, sifon, dan ceruty.

Bahan-bahan hijab ini memungkinkan rambut anda terkena udara dan tidak menyesakkan. Rambut tetap bisa bernapas meski mengenakan hijab seharian.

Selanjutnya: Ketahui 5 Manfaat Minyak Urang Aring, Menjaga Warna Hitam Rambut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News