Bugar

Pahami 6 Cara Membuat Masker Kopi untuk Wajah, Jerawat dan Bekasnya Hilang

Pahami 6 Cara Membuat Masker Kopi untuk Wajah, Jerawat dan Bekasnya Hilang

MOMSMONEY.ID - Tidak hanya diminum, berikut cara membuat masker kopi untuk wajah. Kopi berfungsi sebagai antioksidan, bermanfaat untuk mengurangi jerawat, merawat area kulit yang terbakar, dan mengangkat sel-sel kulit mati. 

Anda bisa mencampurkan kopi dengan bahan alami lain untuk perawatan kulit wajah. Jika Anda tertarik, berikut cara membuat masker kopi untuk wajah dilansir dari gramedia.com, yaitu: 

1. Masker kopi dan air mawar

Pertama, cara membuat masker kopi dan air mawar untuk wajah. Manfaat air mawar terdiri dari sifat anti inflamasi yang dikenal membantu mengobati iritasi kulit, jerawat, serta dermatitis.

Selain itu, air mawar juga akan membantu menjadi pembersih kulit untuk membantu menghilangkan kotoran serta minyak yang biasanya menyumbat pori-pori. Anda hanya perlu siapkan dua bahan, yaitu 1 cangkir kopi bubuk dan 2 sdt air mawar. 

Cara membuat masker kopi dan air mawar sangat mudah cukup dengan mengambil mangkuk serta campurkan kedua bahan di dalamnya. Oleskanlah campuran ini ke wajah dan tubuh Anda, lalu pijat dengan gerakan melingkar.

Pakailah selama tak lebih dari 20 menit dan bilaslah dengan menggunakan air hangat.

2. Masker kopi dan minya zaitun

Anda bisa memakai bahan campuran kopi dan minyak zaitun untuk dijadikan masker alami. Manfaat masker kopi dan minyak zaitun akan membantu melembabkan dan membuat kulit wajah menjadi sehat.

Cara membuatnya, campurkan minyak zaitun serta bubuk kopi dengan perbandingan yang sama. Oleskanlah ke wajah dengan gerakan melingkar.

Biarkan masker ini antara 15-60 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Ulangi langkah ini hingga tiga kali per minggu.

3. Masker kopi dan madu

Selanjutnya, makser kopi dan madu bermanfaat untuk membantu melembabkan kulit serta mengurangi tanda-tanda penuaan seperti diantaranya keriput dan bintik-bintik gelap.

Anda membutuhkan satu sendok makan bubuk kopi serta satu sendok makan madu. Campurkan kedua bahan ini dengan baik di dalam mangkuk kecil kemudian oleskan adonan ke seluruh wajah dan pijatlah dengan lembut.

Biarkan masker selama 20 menit kemudian bilaslah dengan menggunakan air dingin.

Baca Juga: Manfaat Jahe Bisa Meredakan GERD, Ini 5 Bahan Alami Mengobati Asam Lambung

4. Masker kopi dan susu

Ingin mencerahkan kulit? Anda bisa mencoba masker kopi dan susu ini. Kemudian, masker wajah ini membantu mengangkat sel kulit mati serta mencerahkan kulit karena kandungan asam laktat di dalam susu

Cara membuat masker kopi dan susu sangat mudah cukup dengan mengambil setengah cangkir kopi kemudian campur dengan beberapa sendok susu untuk konsistensi yang kental.

Gunakanlah campuran ini sebagai masker wajah selama 10-15 menit. Bilas dengan menggunakan air hangat. 

5. Masker kopi dan lidah buaya

Anda bisa menggunakan kopi dan lidah buaya untuk masker wajah alami. Lidah buaya dapat digunakan di musim dingin dan di musim panas oleh orang-orang dari semua jenis kulit.

Lidah buaya ini dikemas dengan multivitamin, termasuk diantaranya vitamin C, vitamin E dan beta-karoten.

Menurut Ahli Perawatan Kulit Dr. Deepali Bhardwaj, lidah buaya mampu menyehatkan kulit serta membantu mencegah penuaan dini. 

Selain itu, lidah buaya juga akan membantu melembabkan kulit tanpa membuatnya terlalu berminyak. Hal ini sangat baik untuk orang-orang dengan kulit berminyak.

Siapkan bubuk kopi dan lidah buaya. Kemudian, ambillah mangkuk kemudian campurkan kedua bahan ini di dalamnya.

Oleskan campuran tersebut ke area wajah dan tubuh kemudian pijat dengan gerakan melingkar. Pakailah selama tidak lebih dari 20 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

6. Masker kopi dan yogurt

Terakhir, Anda bisa mencoba masker kopi dan yogurt untuk wajah. Kopi dan yogurt memiliki sifat antioksidan yang akan membantu mengencangkan kulit serta melawan kerutan.

Perpaduan keduanya kemudian akan membuat kulit menjadi lebih cerah serta membantu memperlambat penuaan kulit. Selain itu, yogurt juga memiliki kandungan asam laktat yang dapat mengencangkan pori-pori serta membantu regenerasi sel kulit.

Cara membuat masker kopi dan yogurt tidak sulit, yaitu campur 1/4 cangkir Greek yoghurt dengan dua sendok teh kopi bubuk kemudian oleskan ke wajah dan pijat dengan tangan dalam 2-3 menit.

Diamkan masker selama 15 menit kemudian bilas wajah dengan menggunakan air hangat dan keringkan dengan handuk.

Nah, itulah enam cara membuat masker kopi untuk wajah, tertarik mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News