Bugar

Pahami 5 Tips Perawatan Wajah Pria Bantu Hilangkan Jerawat

Pahami 5 Tips Perawatan Wajah Pria Bantu Hilangkan Jerawat

MOMSMONEY.ID - Selain wanita, bagi pria munculnya jerawat juga termasuk masalah buruk pada kulit. Umumnya, jerawat disebabkan oleh berlebihnya produksi minyak atau sebum pada kulit wajah. Oleh karena itu, pentingnya untuk merawat kesehatan kulit wajah agar terhindar dari jerawat.

Keinginan pria buat merawat kulit wajah memang tidak rutin, seperti wanita. Namun, Anda tetap harus merawat kesehatan kulit wajah. Jika Anda tertarik mencoba, berikut tips perawatan wajah pria bantu atasi jerawat dilansir dari thebodyshop.co.id, yaitu: 

1. Rutin Membersihkan Wajah

Tips pertama yang cukup sering dilewatkan pria adalah rutin membersihkan wajah. Penyebab munculnya jerawat karena adanya produksi minyak berlebih pada wajah. Sehingga, pentingnya untuk membersihkan wajah secara rutin guna mengangkat kotoran dan sel kulit mati pada wajah yang bisa menimbulkan jerawat.

Membersihkan wajah dua kali sehari, yakni sebelum beraktivitas di luar rumah maupun sebelum tidur sangat dianjurkan. Tetapi jika Anda banyak berkegiatan di luar ruangan, maka sebaiknya lebih sering membersihkan wajah. 

2. Lakukan Pola Makan dan Minum Sehat

Tips perawatan wajah pria selanjutnya adalah melakukan pola makan dan minum sehat. Seperti yang Anda tahu bahwa makanan yang Anda konsumsi bisa ikut memengaruhi munculnya jerawat. Batasi atau bahkan hindari makanan yang berlemak, pedas, dan juga berminyak.

Hal ini dikarenakan ketiga makanan tersebut bisa memicu jerawat. Sebaiknya perbanyak konsumsi makanan seperti buah dan sayur yang dianggap lebih sehat dan aman. Kemudian, Anda juga perlu rutin minum air putih agar kulit bisa hidrasi dengan baik. Hindari minuman yang bisa memperburuk jerawat, seperti soda, jus manis, dan alkohol.  

Baca Juga: Air Hujan Punya Manfaat untuk Tanaman Hias, Bisa Bikin Daun Makin Hijau Loh!

3. Hindari Begadang

Masih suka begadang? Baik wanita ataupun pria, pentingnya untuk memerhatikan pola tidur Anda. Hal ini karena tidur bisa memperbaiki kembali kondisi kesehatan kulit. Kurang tidur bisa menyebabkan munculnya jerawat, loh. Sebisa mungkin untuk menghindari begadang dan pastikan waktu tidur Anda cukup minimal 7 jam sehari.

4. Bercukur

Tips perawatan wajah pria berikutnya adalah bercukur. Bila Anda sedang berjerawat, sebisa mungkin hindari pisau cukur mengenai jerawat agar tidak melukainya dan memperparah keadaan jerawat. Jangan pula terlalu menekan area yang berjerawat saat mencukur. Sebaiknya, sebelum mencukur pastikan alat cukur bersih dan menggunakan krim pencukur untuk mempermudah saat mencukur

5. Rutin Menggunakan Scrub

Terakhir, tips perawatan wajah pria bantu hilangkan jerawat adalah rutin menggunakan scrub. Salah satu manfaat scrub wajah yakni untuk mengangkat kotoran debu sehingga membuat wajah halus bersih dari jerawat.

Selain itu, scrub juga membantu memperlambat kemunculan kerutan pada kulit wajah yang ada di bagian bawah mata. Salah satu cara merawat wajah pria yang dianjurkan adalah memakai scrub wajah sebanyak dua kali dalam sepekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News