ads

Pahami 5 Penyebab Munculnya Kerutan di Bawah Mata

Reporter: Rizka Noveliana
Sabtu, 25 Juni 2022 | 18:20 WIB
Pahami 5 Penyebab Munculnya Kerutan di Bawah Mata


MOMSMONEY.ID - Saat kerutan di bawah mata muncul tentunya membuat banyak wanita panik. Kerutan di bawah mata merupakan salah satu tanda-tanda penuaan kulit. Tanpa disadari, kebiasaan sehari-hari berikut ini justru mempercepat munculnya garis-garis halus, terutama di sekitar mata.

Oleh sebab itu, Anda perlu mencari tahu penyebab munculnya kerutan di bawah mata agar dapat dihindari. Melansir dari laman natur-e.co.id, simak penjelasannya berikut ini:

1. Terlalu Lama Menatap Gadget

Penyebab munculnya kerutan di bawah mata pertama yaitu terlalu lama menatap layar gadget. Tanpa sadar waktu yang Anda habiskan seharian berasa di depan layar gadget. Seperti yang Anda tahu monitor komputer dan laptop, layar ponsel, serta tablet, dapat memancarkan cahaya biru atau blue light.

Dalam jangka waktu lama, paparan radiasi ini dapat memicu penuaan dini, seperti kerutan di bawah mata. Kemudian, masalah ini semakin diperparah dengan kebiasaan menyipitkan mata saat melihat pesan di layar ponsel, garis-garis halus di sekitar mata akan semakin tampak.

Baca Juga: Apa itu Bromhidrosis? Ketahui Cara Mengatasinya dengan Benar di Sini

2. Pola Makan yang Tidak Sehat

Pola makan yang tidak sehat juga bisa menyebabkan kerutan di bawah mata. Kesehatan tubuh, termasuk kulit Anda, merupakan hasil dari pola makan. Nutrisi yang tepat dan seimbang menjaga kulit tetap sehat dan cantik.

Sebaliknya,jika terlalu sering menyantap junk food yang tinggi gula dan karbohidrat, maka dapat memicu peradangan pada tubuh dan mempercepat penuaan dini. Apalagi kurang minum air putih secara rutin, bisa memperburuk kondisi kulit. 

3. Sering Terpapar Panas Masakan

Penyebab munculnya kerutan di bawah mata selanjutnya adalah sering terpapar panas masakan, loh. Hal ini dikarenakan banyak dilakukan di dalam ruangan, kulit berisiko kehilangan elastisitasnya karena sering terkena panas dari oven dan kompor. 

4. Lupa Memakai Sunglasses

Terakhir, penyebab munculnya kerutan di bawah mata yaitu lupa memakai sunglasses. Saat matahari menyilaukan mata, menyipitkan mata adalah reaksi alami yang Anda lakukan untuk melindungi mata dari cahaya. Sehingga, kebiasaan ini dapat memicu munculnya kerutan di bawah mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER