Bugar

Pahami 5 Manfaat Kulit Manggis untuk Wajah, Kulit Cerah dan Lembab

Pahami 5 Manfaat Kulit Manggis untuk Wajah, Kulit Cerah dan Lembab

MOMSMONEY.ID - Selain kesehatan tubuh, cari tahu manfaat kulit manggis untuk wajah. Kulit manggis mengandung antioksidan yang tinggi, yang berfungsi untuk melawan radikal bebas, mengurangi keriput dan garis-garis halus serta membuat kulit kencang dan cerah.

Selain antioksidan, ekstrak kulit manggis juga mengandung hipoalergenik, anti inflamasi, anti bakteri, mangostin, fenolat, flavonoid, dan tanin yang bisa dimanfaatkan sebagai masker untuk merawat kesehatan kulit. 

Hasil penelitian ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity) menyebutkan, meminum jus manggis dapat menyerap radikal bebas lebih banyak 20 kali daripada buah dan sayuran. Itulah alasan bahan dari kulit manggis sangat menarik digunakan dalam perawatan kecantikan.

Lebih jelasnya, berikut lima manfaat kulit manggis untuk wajah dilansir dari realfood.co.id

1. Melembabkan kulit

Pertama, manfaat kulit manggis untuk wajah adalah melembabkan kulit. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam kulit manggis dapat menjaga kelembaban kulit agar tetap sehat dan kenyal.

Selain itu, kulit manggis juga berfungsi untuk memperbaiki struktur sel kulit dan melindungi kulit dengan baik.

Baca Juga: Pahami 5 Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Secara Alami dan Benar

2. Mengatasi jerawat

Manfaat kulit manggis selanjutnya adalah mengatasi masalah jerawat. Ekstrak kulit manggis mengandung anti-mikroba yang bisa mengatasi bakteri-bakteri pemicu jerawat.

Mengutip dari stylecraze.com, mengoleskan ekstrak kulit manggis di wajah selama 12 minggu secara rutin, dapat mengurangi 67% masalah jerawat, iritasi kulit, hingga penyembuhan bekas luka. 

3. Mencerahkan kulit 

Kulit manggis juga dipercaya mampu mencerahkan kulit. Kulit cerah disebabkan oleh kandungan vitamin C yang terdapat di dalam manggis. 

Dalam 100 gram buah manggis, terdapat 9% kandungan vitamin C yang mencegah kerusakan sel kulit serta membantu mencerahkan kulit wajah.

Melansir dari Health Line, buah manggis kaya akan berbagai vitamin, mineral, dan serat yang sangat bagus untuk kecantikan kulit. 

Baca Juga: Benci Hari Senin? Ini 4 Tips Hadapi Monday Blues, Coba Praktikkan Yuk

4. Memperlambat penuaan

Berikutnya, kulit manggis dapat memperlambat penuaan dini pada kulit wajah. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kulit manggis mengandung antioksidan yang tinggi. 

Jumlah radikal bebas yang terlalu banyak dapat menghambat produksi kolagen. Hal ini dapat menyebabkan munculnya keriput, garis kerutan halus pada wajah sebagai tanda-tanda penuaan dini.

5. Mencegah alergi kulit

Manfaat kulit manggis lainnya adalah mencegah alergi kulit. Pemilik kulit sensitif, dianjurkan untuk mengonsumsi ekstrak kulit manggis.

Biasanya, alergi yang muncul merupakan bentuk pertahanan kekebalan tubuh terhadap "zat asing" yang menempel  permukaan kulit. Sehingga, kandungan yang terdapat dalam kulit manggis bisa mencegah alergi kulit. 

Itulah lima manfaat kulit manggis untuk wajah yang harus Anda tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News