Pahami 5 Kesalahan yang Dilakukan Saat Sedang Mandi pada Kulit

Sumber: Oriflame
Rabu, 07 Desember 2022 | 19:00 WIB
Pahami 5 Kesalahan yang Dilakukan Saat Sedang Mandi pada Kulit


MOMSMONEY.ID - Jarang yang tahu, inilah kesalahan yang dilakukan saat sedang mandi pada kulit. Mandi adalah aktivitas sehari-hari untuk membersihkan seluruh tubuh dari bakteri dan kotoran yang menempel.

Namun, tanpa disadari ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat sedang mandi yang dapat menyebabkan kondisi kulit tidak sehat dan memunculkan masalah kulit.

Agar tidak salah lagi, berikut kesalahan yang mungkin dilakukan saat sedang mandi yang dapat berdampak pada kulit, dilansir dari id.oriflame.com:

1. Menggunakan produk yang memicu iritasi

Kesalahan yang dilakukan saat mandi pada kulit yaitu menggunakan produk yang bisa memicu iritasi. Produk sabun dan pembersih kulit dengan kandungan aroma, pengawet dan sulfat yang besar bisa memancing kekeringan, kemerahan, gatal hingga ruam pada kulit.

Ciri-ciri iritasi pada kulit ini bahkan lebih mudah lagi muncul pada Anda yang memiliki kulit sensitif. Anda bisa mencari informasi terlebih dulu sebelum belanja produk baru. Perhatikan daftar bahan dasar untuk mengetahui kandungan sabun mandi 

2. Mandi dengan air panas terlalu lama

Kesalahan yang dilakukan saat mandi pada kulit selanjutnya adalah mandi dengan air panas terlalu lama.

Air panas memberikan efek menenangkan pada kulit, tetapi sebaiknya kurangi suhu airnya agar tidak buat kulit jadi kering dan kehilangan kelembapannya.

Cukup pilih suhu air suam-suam kuku. Selain itu, lama waktu shower  juga mempengaruhi kondisi kulit setelahnya.

Jika kulit Anda kering, maka sebaiknya jangan lewat dari 10 menit. Sedangkan bagi pemilik kulit normal atau berminyak, maka 15 menit adalah waktu paling sesuai.

Baca Juga: 5 Cara Menggunakan Toner untuk Hasil Maksimal, Sudah Tahu?

3. Terlalu keras dan sering memakai scrub

Eksfoliasi secara rutin penting untuk mengangkat sel kulit mati untuk menjaga kulit tetap segar dan sehat. Akan tetapi, hati-hati untuk tidak melakukannya secara berlebihan.

Eksfoliasi berlebihan akan mengangkat lapisan atas kulit, mengurangi daya kerja skin barrier, bahkan memancing inflamasi.

Pastikan Anda mengeksfoliasi kulit tidak lebih dari satu kali sebulan dengan produk yang aman untuk kulit.

Pilih produk yang terbuat dari bahan-bahan natural serta kandungan menutrisi agar kelembapan dan kelembutan natural kulit tetap terjaga.

4. Membilas tidak sempurna 

Pastikan seluruh tubuh sudah terbilas dengan sempurna agar tidak memunculkan jerawat dan masalah kulit lainnya.

Residu yang tersisa di kulit, bahkan setelah Anda menyekanya dengan handuk, bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah memutar kepala menyamping saat membilas rambut.

Dengan begini, sisa sampo tidak melewati punggung dan menciptakan jerawat punggung.

5. Tidak pakai pelembab setelah mandi

Kesalahan lain yaitu tidak memakai pelembab setelah mandi. Mengoleskan body lotion atau pelembab kulit lainnya di waktu terbaik setelah selesai mandi.

Pelembap bekerja jauh lebih baik pada kulit yang masih lembap, dibanding pada kulit yang sudah kering.

Jika kulit Anda kering, pilih lotion yang creamy, untuk melembapkan dan menjaga kadar airnya dengan kandungan seperti linseed oil, olive oil atau madu.

Pada kulit sensitif, pilih yang kandungan aromanya sedikit dan memiliki formula menenangkan seperti susu almond atau lidah buaya.

Bagi pemilik kulit berminyak atau normal, coba yang mengandung vitamin dan antioksidan.

Itulah lima kesalahan saat sedang mandi pada kulit yang harus Anda tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER