HOME, Bugar

Pahami 5 Kandungan Skincare untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah, Sudah Tahu?

Pahami 5 Kandungan Skincare untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Pori-pori besar cukup menggangu penampilan wajah. Penyebab pori-pori wajah Anda menjadi besar karena adanya kelebihan produksi sebum dan paparan sinar matahari yang bisa menurunkan kekenyalan kulit.

Oleh karena itu, Anda perlu merawat dan menjaga agar pori-pori wajah bisa terlihat kecil kembali. Kini, telah banyak produk skincare yang bisa mengatasi permasalahan kulit wajah ini. Kandungan di dalam produk skincare tersebut  dipercaya mampu mengatasi masalah pori-pori besar.

Melansir dari nose.co.id, ada beberapa kandungan skincare yang mampu mengecilkan pori-pori wajah. Ada apa saja? Inilah kandungan skincare yang bisa Anda pilih, yaitu: 

1. Clay atau Tanah Liat

Kandungan skincare untuk mengecilkan pori-pori wajah pertama adalah clay atau tanah liat. Bahan clay biasanya paling umum ditemukan pada produk masker dan pembersih wajah. Clay mempunyai manfaat untuk menyerap produksi minyak berlebih serta kotoran pada kulit. Sehingga, pori-pori pun menjadi lebih kecil.

Bagi Anda pemilik kulit kering, sebaiknya memilih produk dengan kaolin clay karena daya serap minyaknya yang masih bersahabat dengan kulit kering. Sedangkan pemilik kulit berminyak bisa menggunakan produk dengan bentonite clay yang bisa menyerap minyak dengan lebih baik.

2. Niancinamide

Kandungan skincare untuk mengecilkan pori-pori selanjutnya adalah Niancinamide. Kandungan skincare ini paling banyak dicari oleh banyak orang karena khasiatnya yang bisa mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat dan komedo. 

Niancinamide memiliki khasiat lain yaitu untuk mengecilkan pori-pori. Rutin mengenakan produk dengan niancinamide akan membuat produksi sebum menjadi berkurang. Sebum yang telah ada pun tidak banyak yang akan teroksidasi menjadi blackhead.

pori-pori besar

Baca Juga: Jangan Buru-Buru Dibuang, Inilah Kulit Buah yang Memiliki Manfaat Baik untuk Kulit

3. Retinol/Retinoid

Selain kandungan Niancinamide, Retinol juga cukup banyak dibicarakan oleh banyak pemburu skincare. Biasanya, Retinol lebih banyak ditemukan pada produk anti aging. Sebab, retinol mempunyai khasiat dalam menstimulasi pembentukan kolagen serta sel kulit baru. Sehingga kulit akan menjadi lebih kenyal dan kencang.

Hasilnya, pori-pori Anda bisa terlihat menjadi lebih kecil. Akan tetapi penggunaan retinol tidak boleh sembarangan. Jika Anda baru pertama kali memakai retinol, hindari produk dengan kandungan retinol yang tinggi. Retinol juga tidak boleh digunakan secara bersamaan dengan produk dengan kandungan vitamin C maupun AHA/BHA.

4. Glycolic Acid / AHA

Kandungan skincare untuk mengecilkan pori-pori selanjutnya adalah Glycolic Acid / AHA. Kandungan skincare ini sering ditemukan sebagai eksfoliator, dimana memberikan manfaat untuk memusnahkan penyumbatan pada pori-pori kulit akibat sel kulit mati, debu maupun sisa riasan. 

Sehingga, Glycolic Acid / AHA juga dikenal karena fungsinya sebagai pengencang pori-pori. Anda bisa menggunakan Glycolic Acid / AHA di hari di mana Anda sedang tidak menggunakan retinol. KandunganGlycolic Acid / AHA juga biasanya cukup ramah pada kulit sensitif maupun kulit kering.

5. Salicylic Acid / BHA

Kandungan skincare untuk mengeilkan pori-pori wajah lainnya yaitu Salicylic Acid / BHA. Kandungan skincare ini dipercaya mampu membersihkan pori-pori lebih dalam.

Salicylic Acid atau BHA juga bisa berperan dalam memecah kotoran dan minyak sehingga meminimalisir terjadinya penyumbatan pada kulit. Selain itu, Salicylic Acid / BHA juga bisa mencegah munculnya jerawat dan membuat pori-pori wajah Anda menjadi kecil. 

Selanjutnya: 5 Cara Menggunakan Skincare Agar Hasilnya Cepat Meresap dan Maksimal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News