HOME, Bugar

Pahami 5 Jenis Sisir Rambut dan Fungsinya Sesuai dengan Kondisi Rambut

Pahami 5 Jenis Sisir Rambut dan Fungsinya Sesuai dengan Kondisi Rambut

MOMSMONEY.ID - Sisir rambut berfungsi untuk menyisir rambut agar rapi dan indah. Menyisir rambut merupakan aktivitas rutin yang harus terus dilakukan demi menunjang penampilan. Anda pasti pernah melihat berbagai macam jenis sisir rambut di toko. Tentunya Anda berpikiran bahwa semua jenis sisir sama saja.

Namun hal tersebut tidak benar, moms. Setiap jenis sisir memiliki fungsi yang berbeda-beda, sesuai dengan jenis rambut Anda. Ada sisir yang cocok digunakan untuk rambut tebal, tipis dan ikal. 

Jika Anda salah dalam memilih jenis sisir, maka bisa menyebabkan rambut kusut, patah, hingga menimbulkan kerontokan rambut. Agar tidak salah pilih, kenali jenis sisir dan fungsinya sesuai dengan jenis rambut Anda di sini, yaitu:

1. Tooth Comb

Jenis sisir yang pertama yaitu Tooth Comb. Jenis sisir ini memiliki fungsi yang dapat mengurangi kerontokan dan membuat rambut Anda mudah diatur. Bentuknya yang bergerigi jarang juga dapat Anda gunakan saat setelah keramas karena tidak akan membuat rambut kusut dan tersangkut. Namun, rambut jangan di sisir dalam keadaan benar-benar basah, ya. Tooth comb cocok digunakan untuk jenis rambut ikal hingga keriting. 

2. Denman Brush

Denman brush juga cocok digunakan untuk jenis rambut ikal dan keriting mengembang. Jenis sisir ini dapat membuat rambut Anda terlihat lebih lurus dan mudah diatur. Denman brush memiliki bentuk kurva lembut di sepanjang kepala sisir. Bentuk kepala sisir yang unik ini dapat membuat rambut yang awalnya bervolume akan terlihat lebih tipis.

Baca Juga: Ketahui Jenis Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya Akibat Stres

3. Paddle Brush

Paddle Brush adalah jenis sisir yang cocok digunakan untuk jenis rambut tebal dan lurus. Paddle brush dapat membuat rambut terlihat lebih rapi, cocok digunakan setelah mencatok dan membuat rambut menjadi lebih halus. Jenis sisir ini memiliki gigi yang halus dan berbentuk sangat lebar sehingga dapat menyisir rambut lebih luas.

Melansir dari dove.com, Puddle brush bisa juga mengangkat kotoran dari kulit kepala. Bentuk lebar sisir ini juga bermanfaat saat mengeringkan rambut. Rambut relatif cepat kering karena akan merenggang dan memaksimalkan bagian yang terkena angin.

4. Blow/Round Brush

Bagi Anda yang memiliki masalah rambut lepek, jenis sisir rambut Blow Brush bisa Anda coba. Jenis sisir ini dapat mengembangkan volume rambut Anda. Blow brush digunakan saat mem-blow rambut karena bentuk sikatnya bisa mengangkat akar rambut sehingga rambut tidak terlihat lepek. Jenis sisir ini juga cocok digunakan untuk rambut tipis. 

5. Tail Comb

Jenis sisir rambut lainnya yaitu Tail Comb. Jenis sisir ini cocok digunakan untuk semua jenis rambut, namun tidak disarankan penggunaan sehari-hari,ya. Tail comb berfungsi untuk menyasak rambut seperti memberikan volume pada rambut dan meratakan cat rambut. Ujung sisirnya yang panjang sangat mudah digunakan untuk mengikat rambut atau menyanggul rambut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News