Bugar

Pahami 5 Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Pahami 5 Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang dialami oleh banyak orang. Ternyata jerawat memiliki banyak jenis, loh. Setiap jenis jerawat memiliki tingkat kesulitan dan bentuk yang berbeda-beda.

Agar lebih memahami permasalaham kulit yang satu ini, berikut ulasan jenis-jenis jerawat dan cara mengatasinya dikutip dari laman natur-e.co.id: 

1. Whitehead dan blackhead

Kedua jenis jerawat ini muncul pada saa pori-pori tersumbat oleh minyak berlebih, bakteri, dan sel kulit mati. Jika pori-pori menutup, Anda akan melihat benjolan kecil yang terlihat putih atau berwarna kulit. Ini adalah whiteheads.

Sementara blackheads, sesuai dengan namanya, warna jerawat ini adalah hitam. Blackheads ini muncul ketika pori-pori terisi dengan kotoran tetapi tetap terbuka. Umumnya, disebut juga dengan komedo. Bintik-bintik hitam itu bukanlah kotoran, sebaiknya hindari menggosoknya karena bisa memperburuk jerawat Anda. 

Menurut American Academy of Dermatology Association, ada beberapa cara untuk mengatasi whiteheads dan blackheads. Untuk membuka pori-pori, dokter kulit akan merekomendasikan penggunaan retinoid atau benzoil peroksida. Hal ini supaya bisa membantu menyingkirkan bakteri P. acnes berlebih pada kulit Anda.

Sedangkan untuk whitehead atau blackheads yang membandel, prosedur seperti ekstraksi komedo akan dapat membantu. Anda butuh bantuan dokter kulit untuk bisa menyingkirkannya.

2. Papula

Jenis jerawat selanjutnya adalah papula. Papula disebabkan oleh kelebihan sebum, bakteri dan sel kulit mati yang terdorong lebih dalam ke kulit. Sehingga memicu radang yang merah dan bengkak, papula terlihat seperti benjolan kecil berwarna merah.

American Academy of Dermatology Association merekomendasikan untuk mencuci wajah dua kali sehari, dengan pembersih wajah yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Pada kulit yang menderita lebih banyak papula, segera temui dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: Terhindar dari Kulit Kusam, Simak 3 Manfaat Face Mist untuk Wajah

3. Pustula

Berikutnya, pustula yaitu jerawat yang memiliki bagian tengah berwarna kuning atau putih. Anda mungkin bakal tergoda untuk memencet jerawat, tetapi sebaiknya hindari melakukannya karena bisa memicu iritasi dan memperburuk kulit berjerawat.

Cara terbaik yang bisa dilakukan, yaitu cuci wajah dengan produk skincare yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Jika belum ada perubahan yang memuaskan dalam 6-8 minggu, segera bikin janji dengan dokter kulit.

4. Kistik

Jenis jerawat terakhir adalah kistik. Jenis jerawat ini sangat sulit untuk dihilangkan, hal ini dikarenakan kistik menembus jauh ke dalam kulit dan sering menyebabkan bekas jerawat permanen saat sembuh.

Solusinya, segera minta bantuan ke dokter kulit untuk mengobatinya. Semakin cepat memulai perawatan, semakin sedikit bekas luka yang Anda alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News