HOME, Bugar

Pahami 5 Jenis Bekas Jerawat yang Harus Anda Tahu

Pahami 5 Jenis Bekas Jerawat yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Ada berbagai jenis bekas jerawat yang harus Anda tahu. Hal ini dikarenakan bekas jerawat memiliki bentuk, ukuran dan waktu penyembuhan bekas jerawat yangberbeda. Agar tidak keliru dan bisa mengambil langkah yang tepat, cari tahu jenis-jenis bekas jerawat di bawah ini dikutip dari senka.id, yaitu: 

Ilustrasi Jerawat

1. Hyperpigmentation Scars

Jenis bekas jerawat pertama adalah Hyperpigmentation Scars. Bekas jerawat ini berupa perubahan warna pada kulit akibat produksi melanin berlebih setelah peradangan jerawat. Jenis bekas jerawat ini tidak berbahaya. Namun, dapat mengganggu penampilan apabila dibiarkan. 

2. Rolling Scars

Jenis bekas jerawat selanjutnya yaitu rolling scars. Jenis bekas jerawat ini memiliki bentuk yang cenderung dangkal dan naik turun seperti berombak. Biasanya, rolling scars timbul pada area kulit yang tebal.

Baca Juga: Kenali 4 Kandungan Skincare yang Ampuh Menghilangkan Masalah Jerawat

3. Boxcar Scars

Berikutnya, bekas jerawat boxcar scrars. Jenis jerawat ini terjadi akibat produksi kolagen yang terlalu sedikit sehingga menimbulkan bekas berupa lekukan bulat dengan warna merah. Boxcar scars masuk ke dalam luka atrofi yang membuat warna kulit tidak dapat kembali ke semula. 

4. Ice Pick Scars

Ice pick scars terbentuk akibat peradangan cystic acne. Jenis bekas jerawat ini butuh waktu lama untuk diobati, sebab luka yang terbentuk tergolong dalam dan mencapai lapisan dermis. 

5. Keloid Scars

Terakhir, jenis bekas jerawat yang harus Anda tahu yaitu keloid scars. Jenis bekas jerawat ini berupa tonjolan berwarna kemerahan atau lebih gelap di kulit yang terjadi akibat produksi kolagen berlebih akibat peradangan jerawat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News