ads

Pahami 5 Ciri-Ciri Terjadinya Penuaan pada Kulit

Reporter: Rizka Noveliana
Kamis, 04 Agustus 2022 | 17:12 WIB
Pahami 5 Ciri-Ciri Terjadinya Penuaan pada Kulit

ILUSTRASI. Pahami 5 Ciri-Ciri Terjadinya Penuaan pada Kulit


MOMSMONEY.ID - Seiring bertambahnya usia, penuaan kulit bisa dialami oleh siapa saja. Walaupun penuaan pasti terjadi, tetapi Anda masih bisa memperlambat proses penuaan ini. Terdapat beberapa kondisi lain yang dialami oleh kulit dan bisa saja menjadi ciri-ciri dari penuaan kulit tersebut. Lebih jelasnya, berikut ciri-ciri terjadinya penuaan pada kulit dilansir dari anessa.id, yaitu: 

1. Kelembaban Kulit Berkurang

Ciri-ciri pertama penuaan pada kulit, yaitu kelembaban kulit berkurang. Berkurangnya protein kolagen pada kulit membuat penuaan bisa terjadi. Ketika hal ini terjadi, kulit menjadi lebih kering karena kolagen berperan dalam memberikan kelembapan pada kulit.  

2. Kulit Kendur

Kulit kendur juga ciri yang tampak jelas bahwa penuaan pada kulit muncul. Menurunnya jumlah kolagen pada kulit juga mengakibatkan kulit menjadi kendur sehingga kehilangan kekenyalannya. 

Baca Juga: Inilah 4 Tanda Jenis Kulit Kombinasi yang Perlu Anda Perhatikan

3. Muncul Flek Hitam

Ciri terjadinya penuaan pada kulit selanjutnya adalah muncul flek hitam. Flek hitam atau dark spot adalah bintik-bintik kecil berwarna coklat kehitaman yang seringkali ditemukan pada wajah. Meskipun demikian, kondisi ini juga bisa ditemukan pada area tubuh lainnya seperti punggung dan lengan. 

4. Muncul Keriput atau Kerutan

Berikutnya, munculnya keriput atau kerutan. Ciri-ciri ini pasti udah diketahui oleh banyak orang. Saat hal ini terjadi, kulit tidak lagi kencang dan lembap layaknya kulit yang sehat. 

5. Menipisnya Skin Barrier

Ciri terjadinya penuaan pada kulit terakhir adalah menipisnya skin barrier. Anda haru tahu bahwa skin barrier adalah pelindung kulit yang sangat penting. Skin barrier berperan untuk melindungi kulit dari polusi, debu, serta kotoran lainnya dan mencegah munculnya jerawat serta masalah kulit lainnya. Saat kulit mengalami penuaan, skin barrier akan menipis sehingga kulit terasa kering dan lebih mudah mengalami berbagai masalah kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER