Pahami 5 Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak dan Sensitif, Yuk!

Sumber: Garnier
Jumat, 12 November 2021 | 07:05 WIB
Pahami 5 Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak dan Sensitif, Yuk!

ILUSTRASI. Pahami 5 Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak dan Sensitif, Yuk!

MOMSMONEY.ID - Kulit berminyak dan sensitif perlu mendapatkan perhatian lebih untuk merawatnya. Kulit berminyak dan sensitif perlu dirawat dengan baik dan rutin agar tidak menyebabkan masalah wajah menjadi buruk.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan beberapa cara ini untuk merawat jenis kulit ini. Berikut cara merawat kulit berminyak dan sensitif yang dilansir dari garnier.co.id, yaitu: 

1. Mengatur Pola Makan

Cara merawat kulit berminyak dan sentitif pertama adalah mengatur pola makan. Sebaiknya hindari makanan yang memacu bertambahnya produksi minyak berlebih di wajah seperti makan gorengan, makanan yang manis, dan makanan berlemak yang menyebabkan kulit berminyak dan sensitif sering bermasalah.

Atur pola makan Anda menjadi lebih sehat dengan banyak makan sayuran dan buah-buahan segar, karena mengandung vitamin yang menyehatkan kulit wajah. Selain itu, minum air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidrasi sel-sel kulit dari dalam.

2. Mencuci Muka Teratur

Selanjutnya, cara merawat kulit berminyak dan sensitif yaitu mencuci muka secara teratur. Lakukan mencuci muka dua kali sehari secara teratur, yaitu pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Sabun muka yang cocok untuk kulit sensitif dan berminyak tentu berbeda dengan jenis kulit muka lainnya.

Tekstur sabun, baik foam maupun gel, haruslah lembut dan tidak mengandung zat yang mengiritasi kulit seperti alkohol. Selanjutnya, usahakan pula untuk hindari scrub yang keras karena akan mengikis lapisan pelindung kulit wajah.

Baca Juga: 5 Perkataan yang Tidak Boleh Diucapkan Orang Tua kepada Anak, Apa Saja?

3. Gunakan Pelembab

Tetap gunakan pelembab walaupun Anda memiliki kulit berminyak dan sensitif. Jenis kulit normal, kering, atau berminyak, semua pasti membutuhkan pelembap sebagai cara merawat kulit wajah. Namun, untuk pemilik kulit sensitif dan berminyak, pilih yang formulanya ringan dan mudah menyerap ke dalam kulit.

Hindari pelembap yang berbahan dasar minyak karena dapat menyumbat pori-pori. Asam lipoat, asam glikolat, dan asam alfa hidroksi adalah tiga kandungan terbesar yang harus dihindari karena gampang memicu iritasi dan jerawat di kulit yang sensitif.

4. Hindari Paparan Sinar UV

Cara merawat kulit berminyak dan sensitif selanjutnya adalah hindari paparan sinar UV. Paparan sinar matahari yang terlalu lama pada siang hari bisa membahayakan kulit wajah Anda.

Sinar UV akan merusak lapisan pelindung kulit sehingga kulit wajah menjadi kering, jerawat meradang, dan muncul tanda-tanda penuaan dini. Selalu oleskan sunscreen sebelum Anda akan beraktivitas di luar rumah.  

5. Pilih Produk Berlabel Hypoallergenic

Cara merawat kulit berminyak dan sensitif lainnya adalah pilih produk berlabel hypoallergenic. Produk berlabel hypoallergenic sangat dianjurkan bagi pemilik kulit sensitif.

Hypoallergenic adalah istilah untuk menyatakan bahwa produk minim kandungan yang dapat menimbulkan alergi. Tidak hanya produk perawatan wajah, makeup juga banyak yang menggunakan label hypoallergenic. 

Selanjutnya: Anggaran Multifinance untuk Digital Terus Meningkat

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru