Bugar

Pahami 5 Cara Menghaluskan Telapak Kaki yang Pecah-Pecah

Pahami 5 Cara Menghaluskan Telapak Kaki yang Pecah-Pecah

MOMSMONEY.ID - Anda bisa coba beberapa cara menghaluskan telapak kaki yang pecah-pecah di rumah. Telapak kaki yang pecah-pecah, kasar dan kapalan membuat Anda merasa tidak nyaman dan tampilan kaki menjadi tidak menarik. 

Oleh karena itu, sel kulit mati yang menumpuk di telapak kaki harus dibersihkan sehingga area tersebut bisa menjadi halus dan lembut.

Anda bisa mencoba merawat telapak kaki dari rumah. Melansir farmaninaclinic.com, berikut lima cara menghaluskan telapak kaki yang pecah-pecah: 

1. Scrub kaki

Gunakan scrub kaki untuk menghaluskan telapak kaki yang pecah-pecah. Ada banyak jenis scrub dipasaran yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah ini.

Bisa juga membuat scrub sendiri dengan perasan air lemon, garam laut, serta baby oil.

Pijat perlahan dan gunakan spons khusus untuk membantu proses pengangkatan dari sel kulit matinya. Setelah itu segera bilas kaki dengan memakai air hangat hingga bersih.

Baca Juga: 3 Produk Skincare yang Penting Dibawa dalam Tas, Apa Saja?

2. Minyak zaitun

Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk menghaluskan telapak kaki. Cara menghaluskan telapak kaki dengan minyak zaitun, yaitu oleskan ke daerah telapak kaki yang kasar dan kering dan ditunggu sekitar 10-15 menit.

Memijat dengan minyak zaitun bisa melembutkan kulit serta sirkulasi darah lancar. Agar ingin hasil maksimal, maka bungkus menggunakan kaos kaki dan biarkan semalam.

Ini akan membantu proses penyerapan minyak zaitun sehingga membuat kulit jadi lebih lembab.

3. Batu apung

Cara menghaluskan telapak kaki yang pecah-pecah selanjutnya dengan batu apung. Memang sejak dulu batu apung dipakai untuk menghaluskan area tumit dan telapak kaki. Rendam kaki dengan air hangat selama 10 menit kemudian gosok perlahan untuk menghilangkan sel kulit mati.

Baca Juga: 4 Produk Basic Skincare yang Perlu Dipakai Saat Bulan Puasa, Apa Saja?

4. Cuka apel

Berikutnya, Anda bisa menggunakan cuka apel untuk menghaluskan telapak kaki yang pecah-pecah. Cara mengolahnya cukup mudah, yaitu campurkan cuka apel dan air dingin di baskom selama 5-10 menit.

Bisa memakai batu apung digosokkan di area kering agar terangkat, jika sudah keringkan dengan handuk kering. Berikan pelembab, minyak kelapa, atau petroleum jelly agar hasilnya lebih maksimal.

5. Garam epsom

Cara menghaluskan telapak kaki kasar dan pecah lainnya dengan garam epsom. Garam ini punya kandungan magnesium sulfat.

Anda bisa membuat larutan dengan air hangat dan setengah cangkir garam epsom. Diamkan selama 20 menit lalu manfaatkan batu apung untuk menghilangkan sel kulit mati.

Ketika mandi menggunakan spons atau tangan untuk campurkan garam dan 1 sendok minyak zaitun. Kemudian gosok di kedua kaki yang sudah dibasahi agar dapat melakukan eksfoliasi.

Nah, itulah beberapa cara menghaluskan telapak kaki yang pecah-pecah. Rawat kesehatan kulit telapak kaki dengan bahan-bahan yang tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News