HOME, Bugar

Pahami 5 Cara Mengatasi Tanda Awal Penuaan Kulit Wajah, Sebelum Terlambat!

Pahami 5 Cara Mengatasi Tanda Awal Penuaan Kulit Wajah, Sebelum Terlambat!

MOMSMONEY.ID - Penuaan pada wajah adalah masalh kulit yang ditakuti oleh banyak wanita. Tanda-tanda awal penuaan bisa terjadi di usia 20 tahun ke atas.

Penuaan adalah masalah kulit yang cukup ditakuti oleh banyak wanita. Jika Anda merawat kondisi kulit dengan tepat, maka munculnya tanda-tanda penuaan bisa diperlambat.

Merawat kulit wajah tidak terlalu susah atau pun tidak terlalu gampang, Anda perlu konsisten dalam merawatnya. Melansir dari id.oriflame.com, inilah cara mengatasi tanda-tanda awal penuaan pada kulit wajah, yaitu: 

1. Dehidrasi

Tanda-tanda awal penuaan yaitu dehidrasi. Seiring bertambahnya usia, perempuan akan cenderung mengalami peningkatan hormon progesteron, yang dapat menyebabkan kulit kering. Hidrasi yang tepat sejak usia dini sangat penting karena dapat memperlambat tanda-tanda awal penuaan.

Disarankan gunakan pelembap dalam bentuk krim pagi  yang mengandung asam amino, antioksidan, mineral dan vitamin dapat membantu menjaga kekenyalan sel-sel kulit dan mengatasi tanda-tanda penuaan .

2. Kantung Bawah Mata

Tanda-tanda awal penuaan selanjutnya adalah kantung bawah mata. Masalah tanda penuaan ini disebabkan oleh sering begadang, banyak mengkonsumsi makanan asin dan jarang minum air putih.

Mengatasi kantung bawah mata cukup mudah, pilihlah krim mata yang mengandung kafein untuk menjaga kekencangan daerah sekitar mata. Krim mata akan melindungi dari kerusakan dan menjaga kulit tanda-tanda awal penuaan. 

Baca Juga: Inilah 4 Cara Mudah Membuat Kulit Lebih Kencang, Bisa Dicoba di Rumah

3. Warna Kulit Tidak Merata

Berikutnya, tanda-tanda awal penuaan yaitu warna kulit tidak merata. Anda mungkin memiliki noda, pori-pori besar dan kulit kusam yang tiba-tiba muncul. Stres dan kurang tidur dapat menyebabkan tubuh memproduksi kortisol berlebih yang dapat memperburuk kondisi peradangan pada kulit dan jerawat.

Hal ini juga mengganggu proses perbaikan alami tubuh Anda, karenanya biasanya Anda terlihat “tua” jika tidak cukup tidur. Jadi, pastikan Anda tidur setidaknya 7 jam sehari.

Namun jika Anda mengalami hiperpigmentasi yang disebabkan oleh perubahan hormon atau efek buruk sinar matahari, pilhlah produk skincare yang mengandung vitamin C dan tentunya mengandung SPF. 

4. Kekusaman 

Kulit kusam juga menjadi tanda-tanda awal penuaan pada kulit wajah. Lakukan eksfoliasi atau pengelupasan agar sel kulit mati yang menumpuk bisa terangkat, kulit cerah dan lembab. Cari produk yang dapat membantu memaksimalkan untuk pergantian sel alami sesuai usia Anda yaitu glycolic acid, lactic acid dan salicylic acid akan membantu menyamarkan ketidaksempurnaan pada kulit.

5. Garis Halus

Tanda-tanda awal penuaan pada kulit lainnya adalah garis halus. Mengonsumsi makanan atau minuman tinggi gula berpengaruh pada kondisi kulit. Gula mengaktifkan peradangan, mengikat dan merusak kolagen dan elastin sehingga mendorong munculnya kerut dan kendur.

Diet sehat merupakan langkah penting untuk melengkapi rutinitas perawatan kulit Anda. Tambahkan juga astaxanthin yaitu zat antioksidan kuat dalam asupan suplemen Anda yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, menyamarkan garis halus dan menjaga kelembapan kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News