HOME, Bugar

Pahami 5 Cara Mencukur Bulu Ketiak yang Benar

Pahami 5 Cara Mencukur Bulu Ketiak yang Benar

MOMSMONEY.ID - Mencukur bulu ketiak penting dilakukan untuk menunjang penampilan dan tidak memunculkan masalah bau badan. Namun, mencukur bulu ketiak tidak boleh sembarangan karena akan menimbulkan ketiak menjadi hitam dan iritasi.

Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan cara mencukur bulu ketiak yang benar seperti apa. Untuk memastikan apakah Anda sudah benar saat mencukur bulu ketiak, berikut 5 cara mencukur bulu ketiak yang benar melansir dari rexona.com, yaitu:

1. Oleskan Shaving Cream/Krim Pencukur

Cara pertama saat mencukur bulu ketiak yaitu oleskan shaving cream atau krim pencukur sebelum mencukur. Krim pencukur berfungsi sebagai pelembab yang dapat melembutkan kulit anda sehingga alat cukur yang anda gunakan akan lebih mudah digunakan.

Selain itu, penggunaan krim pencukur akan terhindar dari luka atau iritasi akibat penggunaan pisau cukur serta mengurangi risiko kulit ketiak menjadi gelap. JIka anda tidak memilik krim pencukur khusus, anda bisa menggunakan gel lidah buaya atau kondisioner rambut.

2. Pilih Alat Cukur yang Tepat

Jangan lewatkan alat pencukur, ya, moms. Anda perlu memperhatikan alat cukur yang tepat seperti dilihat dari ketajaman, kualitas pisau cukur dan kebersihan pisau cukur.

Sebab, pisau cukur dengan kualitas buruk berpotensi membuat kulit ketiak anda menggelap karena proses pencukuran yang tidak sempurna. Selain itu, Pastikan anda tidak menggunakan pisau cukur yang sama berkali-kali.

Ketiak

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

3. Lakukan Mencukur Pada Malam Hari

Ternyata mencukur bulu ketiak disarankan pada malam hari. Sebab, pada malam hari kulit anda melakukan proses regenerasi dan pemulihan sehingga anda akan terhindar dari masalah iritasi kulit setelah pencukuran. 

Sebaliknya, jika Anda mencukur bulu ketiak pada pagi atau siang hari, maka kulit ketiak Anda akan berkeringat sehingga dapat menyebabkan iritasi pada kulit ketiak.  

4. Gunakan Pelembab setelah Bercukur

Cara mencukur bulu ketiak selanjutnya yaitu gunakan pelembab setelah bercukur. Kulit akan semakin kering setelah bercukur. Jika Anda biarkan, maka kulit ketiak akan cepat menggelap dan teriritasi karena tidak terjaga kelembabannya. 

Sehingga, sangat penting untuk menggunakan pelembab setelah anda bercukur agar kulit ketiak Anda tetap lembab dan terhindar dari masalah kulit gelap dan iritasi. 

5. Hindari Pisau Cukur Berlapis

Cara mencukur bulu ketiak yang tepat yaitu hindari pisau cukur belapis. Sebab, pisau cukur jenis ini dipercaya dapat memotong bagian bulu secara efektif.

Tetapi menurut pakar bedah kecantikan Dr. Mohan Thomas, bercukur menggunakan pisau cukur berlapis dapat membuat kulit Anda iritasi. Selain itu, bulu ketiak akan tumbuh lebih cepat karena pisau cukur berlapis akan mencukur bulu dekat dengan kulit.

Selanjutnya: 4 Merek Kutek yang Bagus di Bawah Rp 50.000, Menarik Dicoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News