Bugar

Pahami 5 Cara Membuat Masker Alami Sesuai Jenis Kulit, Tidak Sulit

Pahami 5 Cara Membuat Masker Alami Sesuai Jenis Kulit, Tidak Sulit

MOMSMONEY.ID - Anda bisa coba cara membuat masker alami sesuai jenis kulit di rumah. Masker wajah adalah salah satu perawatan kulit yag tidak boleh dilewatkan.

Masker memberikan berbagai manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Anda bisa membuat masker wajah di rumah dengan bahan alami.

Tentunya masker alami ini dibuat sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit wajah. Jika Anda tertarik mencoba, berikut lima cara membuat masker alami, dilansir dari indonesianbeautyheritage.com, yaitu:

1. Kulit berminyak

Bagi pemilik kulit berminyak, masker dari bahan lemon dan putih telur bisa Anda coba. Sebab, kandungan pada putih telur dan lemon berfungsi untuk mengecilkan pori-pori dan menyerap minyak berlebih.

Cara membuat masker ini cukup mudah, siapkan putih telur dan 1 sdm perasan lemon, oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit atau masker sampai kering. Kemudian bilas wajah dengan air bersih. 

Baca Juga: 6 Manfaat Pomegranate Oil untuk Kulit, Atasi Masalah Jerawat

2. Kulit kering

Cara membuat masker untuk kulit kering, gunakan alpukat dan madu. Kombinasi antara alpukat dan madu bermanfaat untuk melembabkan wajah.

Caranya yaitu alpukat yang sudah dihancurkan ditambah dengan 1 sdm madu, oleskan pada wajah dan tunggu selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan.

3. Kulit sensitif

Bagi pemilik kulit sensitif, yoghurt bisa menjadi masker yang cocok untuk anda. Karena asam laktat yang terdapat di dalam yoghurt membantu menenangkan kulit dan probiotik dapat menyembuhkan kulit sensitif.

Caranya sangat mudah yaitu oleskan 1 cangkir yoghurt pada wajah selama 15-20 menit.  Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan.

Baca Juga: Moms Ini Cara Efektif Memutihkan Badan Secara Alami dan Aman

4. Kulit berjerawat

Berikutnya, cara membuat masker alami untuk kulit berjerawat dengan bahan tomat. Tomat memiliki kandungan astrigen dan antioksidan yang bekerja untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Anda hanya perlu mempersiapkan bahan tomat, yogurt, dan 1 sdm madu.

Cara membuat masker alami ini yaitu campurkan ketiga bahan tersebut dan aduk rata. Selanjutnya, oleskan masker tersebut pada wajah Anda dan diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas wajah hingga bersih. 

5. Kulit kusam

Cara membuat masker alami untuk kulit kusam dengan buah pepaya. Pepaya memiliki kemampuan untuk menghidrasi kulit dan membuat kulit cerah.

Cara membuat masker alami ini sangat mudah yaitu haluskan pepaya lalu tambahkan 1/4 cangkir madu. Kemudian, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. 

Nah, itulah cara membuat masker alami sesuai jenis kulit Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News