HOME, Bugar

Pahami 4 Urutan Basic Skincare Remaja yang Benar, Tidak Sulit!

Pahami 4 Urutan Basic Skincare Remaja yang Benar, Tidak Sulit!

MOMSMONEY.ID - Masalah kulit wajah bisa dialami oleh berbagai usia, termasuk remaja. Kulit akan mengalami banyak perubahan yang disebabkan oleh hormon. Hormon tersebut dapat memicu tumbuhnya masalah kulit wajah seperti jerawat, komedo dan penuaan dini. Sebelum terlambat, lakukan perawatan kulit wajah secara rutin dan sejak dini.

Selain itu, anda juga harus sadar dengan jenis kulit yang dimiliki seperti jenis kulit normal, kering, berminyak atau kombinasi, Sehingga anda akan tahu produk skincare mana yang cocok dengan kondisi kulit. Tujuan dari skincare pada dasarnya untuk memperkuat skin barrier dengan menggunakan produk yang paling dibutuhkan oleh kulit.

Simak penjelasan tentang urutan basic skincare remaja yang benar di bawah ini dilansir dari laman muslimahdaily.com:

1. Awali dengan Cleansing

Mencuci muka

Urutan basic skincare remaja pertamaa adalah mencuci muka. Setiap hari setelah beraktivitas, kulit anda akan terkena debu dan polusi. Sehingga anda harus mencuci muka dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Apalagi jika anda mulai menggunakan make up saat keluar rumah, maka anda perlu melakukan double cleansing. 

Double cleansing dilakukan dengan dua produk berbeda. Pertama, anda bisa mengusap debu atau make up yang menempel di muka menggunakan micellar water. Kemudian, bilas dan cuci muka dengan facial foam yang sesuai dengan jenis kulit anda. 

Baca Juga: 6 Penyebab Bruntusan di Jidat yang Harus Anda Tahu

2. Lakukan Toning

Memakai toner

Urutan basic skincare remaja selanjutnya adalah lakukan toning, toning berfungsi untuk mempertahankan PH kulit dan menghalau pori-pori yang tersumbat. Toning memiliki dua jenis yaitu exfoliating toner dan hydrating toner.

Perbedaan kedua produk tersebut terletak pada fungsinya. Exfoliating toner berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati sedangkan hydrating toner untuk memberi dan menjaga kelembapan kulit.

3. Moisturizing kulit 

perawatan wajah

Kulit perlu menjaga kelembapannya agar tetap sehat dan awet muda. Pilihlah produk moisturizing yang sesuai dengan jenis kulit anda. Disarankan bagi anda memiliki tipe kulit berminyak bisa menggunakan pelembab bertekstur gel. Lalu, jenis kulit yang terlalu kering dapat memilih pelembab yang teksturnya cream dan kulit normal ataupun kombinasi pakai yang lotion.

4. Protecting 

Menggunakan sunscreen

Urutan basic skincare remaja terakhir yaitu protecting, dimana harus menggunakan sunscreen saat keluar rumah. Hal tersebut bertujuan agar kulit anda terlindungi dari paparan sinar matahari. Penggunaan sunscreen secara rutin mampu mencegah munculnya garis halus, bintik-bintik hitam dan bahkan kanker kulit. 

Urutan basic skincare remaja ini bisa menjadi referensi anda dalam merawat kulit wajah. Produk tambahan yang bisa anda gunakan juga yaitu serum wajah yang mengandung vitamin C.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News