HOME, Bugar

Pahami 4 Perbedaan Sabun Wajah Pria dan Sabun Mandi Biasa, Yuk!

Pahami 4 Perbedaan Sabun Wajah Pria dan Sabun Mandi Biasa, Yuk!

MOMSMONEY.ID - Banyak pria yang tidak mengambil pusing mengenai produk perawatan wajah yang digunakan. Bahkan, banyak dari mereka menggunakan sabun mandi biasa untuk perawatan wajah.

Padahal sabun wajah khusus diformulasikan untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel di wajah. Masalah kulit wajah seperti jerawat, komedo, pori-pori besar dan kulit tidak cerah bisa dialami oleh siapa pun. 

Padahal, kandungan sabun mandi biasa dan sabun wajah cukup berbeda. Agar Anda dapat memahaminya dengan baik, berikut perbedaan sabun wajah pria dan sabun mandi biasa yang dilansir dari garnier.co.id, yaitu:

1. Kandungan pH

Perbedaan pertama tentu pada kandungan pH. Setiap jenis sabun memiliki kandungan pH yang berbeda-beda karena telah disesuaikan dengan fungsinya.

Biasanya, kandungan pH di sabun mandi biasa lebih tinggi dari pada sabun wajah pria, sehingga jika digunakan di wajah dapat membuat kulit wajah Anda menjadi kering dan iritasi. 

2. Kandungan kelembapan

Perbedaan sabun wajah pria dan sabun mandi biasa selanjutnya yaitu kandungan kelembapan yang dimiliki. Jika Anda sering membersihkan wajah pakai sabun mandi, yang ada kulit Anda awalnya jadi kering, tapi lama-lama akan menjadi berminyak. Sebab, kulit akan otomatis memproduksi kelenjar minyak sendiri. 

Anda harus tahu bahwa kelembapan kulit tubuh dengan wajah berbeda. Jika terus membersihkan wajah anda dengan sabun mandi biasa, kulit wajah akan semakin rentan terhadap berbagai masalah kulit berminyak, seperti jerawat atau komedo. Tentunya, sangat mengganggu penampilan anda.

Baca Juga: Ketahui Cara Tepat Merawat Kulit Wajah di Usia 30 Tahunan

3. Tekstur sabun

Tekstur sabun juga menjadi perbedaan antar sabun wajah pria dan sabun mandi biasa. Sebab, tekstur sabun mandi biasa tidak selembut sabun muka untuk pria yang memang diformulasikan untuk membersihkan kulit wajah. 

4. Membersihkan kotoran di wajah

Perbedaan sabun wajah pria dan sabun mandi biasa lainnya yaitu cara sabun membersihkan kotoran di wajah. Dibanding sabun wajah pria, sabun mandi biasa kurang ampuh dalam mengangkat kotoran di wajah.

Jerawat Anda dapat segera muncul akibat sisa kotoran yang masih menempel dan menyumbat pori-pori. Tentu berbeda hasilnya jika Anda menggunakan sabun wajah yang tepat, semua kotoran dan debu dapat terangkat dengan baik sehingga tidak menyumbat pori-pori wajah.

Nah, itulah perbedaan sabun wajah pria dan sabun mandi biasa. Agar kesehatan wajah dapat terawat dengan baik, Anda perlu menggunakan sabun yang diformulasikan khusus untuk wajah. Mulailah menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News