HOME, Bugar

Pahami 4 Penyebab Rambut Gampang Kusut dan Kusam

Pahami 4 Penyebab Rambut Gampang Kusut dan Kusam

MOMSMONEY.ID - Memiliki rambut kusut dan kusam dapat mengganggu penampilan. Jika mendapati kondisi seperti itu, ada baiknya diatasi agar tidak mengurangi rasa percaya diri Anda.

Namun, sebelum mengatasi masalah rambut kusam dan kusut, penting mencari tahu penyebabnya agar penanganannya tepat. Dilansir dari dove.com, berikut beberapa penyebab rambut menjadi kusam dan kusut.

1. Rambut kering

Salah satu penyebab rambut kusut dan kusam adalah kondisi rambut yang kering. Kondisi rambut kering biasanya gampang terjadi pada mereka yang memiliki rambut keriting atau bergelombang. Jenis kusut yang timbul biasanya adalah kusut di seluruh bagian keriting rambut, bukan hanya pada ujungnya.

2. Rambut bercabang

Penyebab rambut kusut dan kusam lainnya yaitu kondisi rambut bercabang. Rambut rusak bercabang karena kurang nutrisi dan kelembapan. Kondisi ini bisa menyebabkan kusut di bagian ujung rambut. Pasalnya, bagian ujung rambut adalah yang paling mudah kering ketika rambut rusak bercabang.

Baca Juga: Mencegah Tanda-Tanda Penuaan, Kenali 4 Manfaat Bakuchiol untuk Kulit

3. Udara lembab

Udara lembab juga bisa menyebabkan rambut kusut dan kusam. Ternyata, rambut manusia sensitif terhadap hidrogen. Hal ini dikarenakan udara lembap memiliki kandungan air yang cukup tinggi, yang tentunya tinggi kandungan hidrogen. Hidrogen inilah yang mengikat molekul air dan protein pada rambut sehingga menimbulkan kusut di bagian terluar rambut.

4. Akibat hairstyling 

Siapa yang sering mempercantik rambut dengan hairstyling? Hairstyling seperti sasak dan sanggul atau styling lainnya berisiko membuat rambut jadi kusut karena terpapar bahan kimia.

Kekusutan yang timbul biasanya berupa kusut yang mengembang dikarenakan rambut kaku dan menjadi kering, sehingga mudah kusut. Sebaiknya beri waktu rambut untuk bernafas agar bisa kembali normal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News