Bugar

Pahami 4 Penyebab Munculnya Ketombe, Apa Saja?

Pahami 4 Penyebab Munculnya Ketombe, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Kulit kepala terasa gatal dan muncul aroma bau, bikin aktivitas jadi terganggu. Ini merupakan masalah rambut berketombe. Ketombe termasuk masalah rambut yang cukup sering dialami banyak orang, wanita dan pria. Banyak sekali penyebab munculnya ketombe, contohnya panas, keringat, polusi, umur, hormon dan stres.

Selain itu, masih ada beberapa penyebab lain yang menyebabkan ketombe muncul di kulit kepala. Lebih jelasnya, simak penyebab masalah ketombe dilansir dari headandshoulders.co.id, yaitu: 

1. Kulit Kepala Kering

Penyebab pertama ketombe adalah kulit kepala kering. Hal ini disebabkan oleh suhu yang terlalu dingin, kemudian terkelupas dan menjadi ketombe. Kulit kepala kering memiliki tanda-tanda. seperti kulit kepala terasa kencang dengan serpihan ketombe kering. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan shampo anti-ketombe yang mengandung kondisioner, dan hindari perawatan rambut dengan panas berlebih. 

2. Kulit Kepala Berminyak

Penyebab ketombe selanjutnya adalah kulit kepala berminyak. Kulit kepala bisa menghasilkan sebum (minyak) berlebih yang lalu bereaksi dengan debu dan kotoran menimbulkan gatal dan ketombe. Tandanya dengan muncul serpihan ketombe kekuningan dan lebih besar. Cara mengatasinya dengan menggunakan shampo yang bisa membersihkan sebum berlebih, dan hindari stres. Hal ini karena produksi sebum juga dipicu oleh hormon stres. 

Baca Juga: Pahami 4 Cara Memilih Produk Shampo yang Tepat untuk Rambut Kering

3. Infeksi Jamur Malassezia globosa

Berikutnya, infeksi jamur malassezia globosa termasuk penyebab munculnya ketombe. Jamur ini menghasilkan asam oleat yang menyebabkan iritasi dan mendorong timbulnya ketombe.

Anda harus berhati-hati karena meskipun ketombe tidak menular, tapi mikroba ini mudah menular melalui handuk, sisir, atau topi. Tandanya dengan serpihan putih atau kuning. Masalah ini bisa diatasi dengan shampo anti-ketombe dengan zat aktif yang dapat mengendalikan mikroba tersebut.

4. Membilas Rambut Tidak Bersih

Penyebab ketombe lainnya adalah dengan membilas rambut tidak bersih. Penggunaan berbagai macam produk juga mengharuskan pembilasan yang sempurna, agar tidak ada sisa produk yang bercampur dengan debu dan kotoran, yang lalu mengakibatkan ketombe. Tandanya dengan muncul serpihan putih atau kuning yang cenderung besar. Cara mengatasinya dengan menggunakan shampo anti-ketombe terbaik dan bilas hingga tuntas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News