Bugar

Pahami 4 Penyebab Kulit Wajah Mengelupas yang Harus Anda Tahu

Pahami 4 Penyebab Kulit Wajah Mengelupas yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Saat menggunakan produk skincare atau make up yang kurang tepat, ternyata bisa menyebabkan kulit wajah mengelupas. Masalah kulit ini bisa disebabkan oleh banyak hal, sehingga Anda perlu mencari tahu penyebab lainnya di sini. Kulit wajah mengelupas membuat penampilan wajah menjadi buruk dan terganggu.

Jika tidak ingin mengalami masalah kulit ini, berikut penyebab kulit wajah mengelupas yang harus Anda tahu dikutip dari realfood.co.id, yaitu: 

1. Kulit Terbakar Matahari

Penyebab pertama kulit wajah mengelupas adalah kulit terbakar matahari. Kulit terbakar atau sunburn adalah kondisi kulit yang terpapar matahari terus-menerus sehingga kulit mati mengelupas. Biasanya diikuti dengan kemerahan, rasa perih, dan peradangan.

Pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan menggunakan aloe vera gel atau aftersun. Jika kulit terasa sangat menyakitkan dan kulit wajah mengelupas sangat parah, segera kunjungi dokter. 

2. Kulit Wajah Kering dan Dehidrasi

Penyebab selanjutnya adalah kulit wajah kering dan dehidrasi. Perlu Anda tahu bahwa kulit kering merupakan kulit wajah yang kekurangan produksi minyak alami sehingga hal ini bisa menjadi penyebab kulit wajah mengelupas. Ketika kulit kering, sel-sel kulit biasanya tidak mampu menjaga skin barrier kulit sehingga terjadi iritasi dan pengelupasan.

Hal ini diperparah dengan kondisi dehidrasi alias kurangnya kelembapan alami kulit, kulit akan menjadi mudah mengelupas bahkan hingga terasa perih dan gatal. Imbangi dengan skincare yang melembapkan dan meningkatkan kekuatan skin barrier kulit, seperti ceramide, hyaluronic acid, fatty acid, dan collagen.

Baca Juga: Apa Itu Tourette Syndrome? Ini Penjelasan Lengkapnya Menurut Ahli

3. Penggunaan Produk Jerawat dan Anti-Aging

Berikutnya, penggunaan produk untuk jerawat dan anti-aging termasuk penyebab kulit wajah mengelupas. Walaupun hal ini bersifat sementara, tetapi kulit wajah mengelupas dapat menganggu penampilan sehari-hari.

Penggunaan kandungan retinoid atau retinol dapat menyebabkan kulit wajah mengelupas dan makeup susah menempel, sehingga sebaiknya Anda menggunakan retinoid atau retinol di kulit yang kering dan gunakan pelembap.

Sedangkan asam salisilat dan benzoyl peroxide untuk jerawat sebaiknya dikurangi frekuensi penggunaannya untuk mengurangi kulit wajah mengelupas. 

4. Reaksi Alergi

Penyebab kulit wajah mengelupas lainnya adalah reaksi alergi. Reaksi alergi ini disebabkan dari produk skincare atau makeup. Biasanya terjadi saat alergen bertemu dengan kulit kemudian membuat kulit menjadi gatal, digaruk, kering, dan kemudian mengelupas dengan lepuhan. '

Jika Anda mengalami hal ini, segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pertolongan pertama yang tepat. Cari tahu juga bahan baku yang mungkin menyebabkan alergi di kulit Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News