HOME, Bugar

Pahami 4 Penyebab Jerawat Muncul Kembali di Tempat yang Sama

Pahami 4 Penyebab Jerawat Muncul Kembali di Tempat yang Sama

MOMSMONEY.ID - Terasa mengganggu ketika jerawat muncul kembali apalagi di tempat yang sama. Jerawat yang muncul di tempat yang sama bisa menjadi pertanda lain di tubuh Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memahami betul apa penyebab jerawat muncul berulang kali di area yang sama.

Sehingga Anda bisa mengambil langkah pengobatan jerawat yang paling tepat untuk dilakukan. Berdasarkan evamuliaclinic.com, simak penyebab jerawat muncul kembali di tempat sama, yaitu: 

1. Jerawat Saat Menstruasi

Penyebab jerawat muncul kembali di tempat sama yaitu jerawat yang terjadi saat menstruasi. Jerawat ini muncul karena aktivasi androgen dari kelenjar sebaceous. Itu terjadi di area yang sama dengan area wajah Anda di mana androgen mengaktifkan kelenjar sebaceous.

Area seperti pipi bagian bawah, dagu, rahang dan leher disamakan dengan garis api untuk jerawat. Anda dapat mengatasi perubahan hormonal yang drastis ini dengan menggunakan spironolakton, penghambat androgen, atau lainnya.

2. Memencet Jerawat dan Komedo

Jika anda sering memecet jerawat atau komedo, sebaiknya cara ini mulai dihindari. Beberapa orang mungkin tidak bisa menahan keinginan untuk memencet bintik-bintik merah yang terlihat matang. Dikarenakan memencet jerawat bisa merusak skin barrier dan menimbulkan bekas jerawat.

Saat jerawat telah menginfeksi nanah di dalamnya, memencetnya justru dapat mendorong bakteri ke dalam pori-pori dan folikel rambut lainnya. Hasilnya, jerawat akan lebih besar dan muncul di tempat lain. Oleh karena itu, selalu diskusikan dengan dokter kulit atau dermatologis agar dapat mengatasi jerawat dengan aman.

Baca Juga: Cantik & Sehat! Ketahui 4 Manfaat Lip Balm untuk Perawatan Bibir

3. Kurang Tidur

Penyebab jerawat muncul kembali di tempat sama berikutnya adalah kurang tidur. Kurang tidur bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat yang bisa muncul terus-menerus. Hal ini dikarenakan istirahat yang cukup bisa memicu stres dan meningkatkan hormon.

Hasilnya, tubuh bisa memproduksi sebum berlebih. Oleh karena itu, istirahat yang cukup berarti memungkinkan tubuh untuk beregenerasi dan memperbaiki kerusakan di malam hari, yang dapat mencegah timbulnya jerawat kembali.

4. Pola Makan Tidak Sehat

Pola makan Anda setiap hari akan berpengaruh pada kondisi kulit. Kebiasaan makan yang tidak sehat sebenarnya bisa menjadi penyebab munculnya jerawat yang berkelanjutan. Ada banyak jenis makanan yang bisa memicu timbulnya jerawat, seperti produk susu, makanan manis, dan makanan cepat saji.

Misalnya, gula dan karbohidrat olahan dapat meningkatkan gula darah. Dapat meningkatkan kadar testosteron dan hormon lainnya. Meski tergantung pada tubuh masing-masing, perubahan hormonal ini tentunya akan berdampak pada kesehatan kulit yang bisa memicu timbulnya jerawat kembali.

Beberapa dari Anda mungkin lebih sensitif terhadap makanan tertentu, sementara yang lain mungkin tidak. Inilah sebabnya perlu berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter untuk memahami efek makanan pada jerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News