Bugar

Pahami 4 Penyebab Bibir Kering dan Mengelupas, Yuk!

Pahami 4 Penyebab Bibir Kering dan Mengelupas, Yuk!

MOMSMONEY.ID - Bibir kering dan mengelupas disebabkan oleh banyak faktor. Jika bibir menjadi kering, biasanya jari Anda akan mengelupas kulit bibir. Kemudian, bibir menjadi terluka dan semakin kering.

Sebelum merawat bibir kering, ada baiknya untuk mencari tahu penyebab dari masalah ini. Mengutip dari realfood.co.id, berikut empat penyebab bibir kering dan mengelupas yang harus Anda tahu, yaitu:

1. Menjilat bibir

Penyebab bibir kering pertama adalah kebiasaan menjilat bibir. Kebiasaan ini memang bisa melembapkan bibir sementara, tetapi bukan menjadi solusi tepat.

Hal ini dikarenakan kandungan enzim pada air liur fungsinya adalah untuk membantu tubuh mencerna makanan.

Jika terkena kontak dengan udara luar, maka air liur akan menguap dan membuat bibir kembali kering.

2. Kurang minum air putih

Penyebab bibir kering selanjutnya adalah kurangnya minum air putih. Tanda jika tubuh sedang mengalami dehidrasi bisa dilihat dari mata, mulut, dan bibir yang kering. 

Karena  tubuh tidak mendapatkan jumlah cairan yang cukup. Untuk menghindari dehidrasi, Anda bisa minum 8 hingga 12 gelas air setiap hari. Kulit pun juga bisa ikut lembab.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Kandungan Ceramide untuk Wajah Pada Produk Skincare

3. Penggunaan produk kosmetik tertentu

Berikutnya, penggunaan produk kosmetik tertentu juga bisa menyebabkan bibir kering.

Produk kosmetik, seperti lipstick dan lip balm, tentunya mengandung bahan-bahan yang berpotensi membuat bibir pecah-pecah. Mulai dari fenol, menthol, hingga camphor.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki alergi produk kosmetik tertentu, mengalami bibir kering bisa sebagai salah satu reaksi alergi.

4. Paparan sinar matahari

Penyebab bibir kering lainnya karena paparan sinar matahari yang berlebih. Awalnya, permukaan bibir akan mulai menipis, memerah, kering, dan pecah-pecah.

Jika tidak terawat, permukaan bibir bisa berkembang menjadi luka yang terasa sakit jika terkena kontak hingga mengganggu penampilan.

Sekarang  Anda sudah tahu beberapa penyebab bibir kering mengelupas yang buat tidak nyaman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News