HOME, Bugar

Pahami 4 Manfaat Kandungan Glycolic Acid untuk Wajah

Pahami 4 Manfaat Kandungan Glycolic Acid untuk Wajah

MOMSMONEY.ID - Masih bingung menentukan bahan aktif pada produk skincare Anda? Glycolic acid bisa menjadi pilihan buat Anda. Glycolic acid merupakan bagian dari Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang bisa diperoleh secara alami dari buah, susu, atau gula. 

Melansir dari loreal-paris.co.id, Glycolic acid  memiliki molekul paling kecil dibanding jenis AHA lainnya, sehingga lebih mudah untuk menembus sampai ke lapisan kulit terdalam dan memberikan manfaat secara efektif.

Jika tertarik dengan kandungan glycolic acid pada produk skincare, maka Anda bisa mencari tahu dahulu manfaat glycolic acid untuk wajah di sini dilansir dari loreal-paris.co.id, yaitu:

1. Mengurangi garis halus dan kerutan

Manfaat glycolic acid untuk wajah pertama adalah dapat mengurangi garis halus dan kerutan. Kandungan ini bisa menjadi perawatan kulit anti-aging rutin Anda. Hal ini dikarenakan glycolic acid memiliki manfaat sebagai eksfoliator yang efektif di lapisan atas kulit sehingga mengurangi tampilan garis-garis halus serta kerutan. 

Proses eksfoliasi ini memicu regenerasi sel-sel kulit baru, serta meningkatkan produksi kolagen dan elastin yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Selain itu, asam AHA ini membantu meluruhkan sel-sel kulit mati sehingga tekstur kulit terasa halus dan lembut.

2. Meratakan warna kulit

Manfaat glycolic acid untuk wajah selanjutnya yaitu meratakan warna kulit. Asam glikolat dapat mengatasi permasalahan warna kulit yang tidak rata atau hiperpigmentasi, seperti noda bekas jerawat, noda hitam akibat sinar matahari, dan melasma.

Prosesnya tidak jauh berbeda seperti saat melawan tanda penuaan kulit, yaitu dengan melemahkan ikatan sel-sel kulit mati di lapisan atas kulit sehingga mudah luruh. Dengan penggunaan yang konsisten, proses ini secara efektif akan memudarkan hiperpigmentasi dan menghasilkan tampilan warna kulit yang merata.

Baca Juga: Ingin Mengecilkan Pori-Pori Wajah? Pilihlah 4 Kandungan Skincare Ini

3. Mengatasi jerawat

Jika Anda memiliki masalah dengan jerawat, glycolic acid juga menarik untuk dicoba. Sebagai eksfoliator, asam glikolat tak hanya mampu meluruhkan tumpukan sel-sel kulit mati dari kulit wajah, tapi juga membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Dengan mengatasi penyebabnya, maka jerawat juga menjadi lebih cepat teratasi.

4. Mengecilkan pori-pori wajah

Selain mengatasi jerawat, glycolic acid juga bisa mengecilkan pori-pori wajah. Tampilan pori-pori kulit wajah yang besar umum ditemui di kulit yang berminyak dan kulit menua.

Jika Anda memiliki permasalahan kulit ini, Anda perlu menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan glycolic acid secara rutin. Glycolic acid mampu membersihkan pori-pori dari kotoran hingga ukuran pori-pori menyusut dan tampak lebih kecil.

5. Menghidrasi kulit

Manfaat glycolic acid untuk wajah lainnya yaitu menghidrasi kulit. Hal ini dikarenakan asam ini bersifat humektan, yaitu secara kimiawi dapat menarik molekul air dari udara atau dari dalam tubuh untuk menghidrasi kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News