Bugar

Pahami 4 Manfaat Buah Apel untuk Kulit, Apa Saja?

Pahami 4 Manfaat Buah Apel untuk Kulit, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Sering dijadikan makanan diet, ternyata ada banyak manfaat apel untuk kulit yang harus Anda dapatkan. Buah apel mengandung vitamin A, vitamin C dan antioksidan dimana sangat berpengaruh pada perawatan kulit. 

Melansri dari jovee.id, buah apel memiliki beragam jenis zat alami flavonoid. Salah satunya adalah phlorizin yang telah diteliti sebagai efek anti-aging untuk kulit.

Beberapa flavonoid lainnya dapat melindungi kulit dari bintik serta inflamasi yang disebabkan sinar matahari dan ultraviolet

Lebih jelasnya, berikut empat manfaat apel untuk kulit dilansir dari cleanandclear.co.id, yaitu: 

1. Kulit cerah dan lembut

Apel mempunyai vitamin A yang dapat membantu proses regenerasi sel kulit dan merawat keremajaan kulit wajah. Sel-sel kulit baru ini dapat membuat kulit wajah lebih kenyal dan sehat.

Selain itu, buah Apel juga memiliki vitamin C yang dapat membantu kulit memproduksi kolagen yang berfungsi untuk mempertahankan kekenyalan kulit, supaya kulit tidak mudah kering atau mengelupas.

2. Mencegah jerawat

Manfaat buah apel untuk kulit selanjutnya adalah mencegah munculnya jerawat. Kandungan asam pada buah apel, dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebihan.

Dengan menurunnya kadar minyak yang menumpuk atau menyumbat pori-pori, wajah Anda dapat terhindar dari jerawat. Selain itu, saat wajah sedang berjerawat sebaiknya Anda tidak menyentuhnya, karena hal tersebut bisa membuat bakteri lebih mudah menempel. 

Baca Juga: 4 Dampak Kandungan Comedogenic pada Wajah, Muncul Masalah Kulit

3. Melindungi kulit dari sinar UV

Berikutnya, manfaat apel untuk kulit adalah dapat melindungi kulit dari sinar UV. Jika Anda sering terpapar sinar UV matahari bisa membahayakan kulit. Buah apel dapat membantu melindungi kulit Anda dari sinar UV.

Dengan konsumsi rutin, apel dapat membantu merawat kulit wajah dengan pembuatan melanin (sel penting pelindung kulit dari sinar UV).

Walaupun begitu, penggunaan tabir surya tetap disarankan untuk memberikan perlindungan ekstra dari luar. Ternyata, buah apel juga bisa membantu mengobati kulit terbakar dan terkelupas akibat paparan sinar matahari.

4. Mencegah garis-garis halus

Manfaat apel lainnya adalah dapat mencegah munculnya garis-garis halus. Buah apel mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan dapat membantu melindungi Anda dari radikal bebas yang dapat memicu munculnya garis-garis halus di wajah lebih cepat.

Apel mengandung zat antioksidan, yaitu alpha lipoic yang memiliki fungsi anti inflamasi atau peradangan. Zat ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan pembentukan sel, sehingga membantu mengurangi kerutan pada kulit.

Nah, itulah beberapa manfaat buah apel untuk kulit. Konsumsi buah apel secara rutin, yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News