Bugar

Pahami 4 Kebiasaan yang Menyebabkan Kulit Wajah Stres

Pahami 4 Kebiasaan yang Menyebabkan Kulit Wajah Stres

MOMSMONEY.ID - Ternyata, kulit juga bisa ikut stres karena beberapa kebiasaan berikut ini. Saat kulit stres akan terlihat kusam, tidak lembab dan bisa memunculkan masalah kulit seperti jerawat.

Kulit stres bisa disebabkan oleh kebiasaan Anda sehari-hari yang tidak disadari. Jika Anda tidak ingin mengalami kulit stres, sebaiknya hindari kebiasaan di bawah ini.

Melansir dari garnier.co.id, berikut empat kebiasaan yang menyebabkan kulit wajah stres, yaitu: 

Baca Juga: Giveaway Hampers Rp 1,5 Juta dari Blink Charm dan Watsons, Ini Cara Dapatnya

1. Terlalu lama di depan layar 

Pertama, kebiasaan yang menyebabkan kulit stres adalah terlalu lama di depan layar laptop, televisi, dan handphone. Sebaiknya, Anda mengurangi kebiasaan menatap layar laptop, televisi, atau handphone dalam jangka waktu yang lama.

Selain membuat mata lelah, semakin banyak terpapar radiasi yang dipancarkan dari layar bisa mengakibatkan penurunan kekencangan kulit.

2. Menggunakan ponsel di tempat tidur

Kebiasaan yang menyebabkan kulit stres selanjutnya adalah menggunakan ponsel di tempat tidur. Biasanya Anda akan melihat handphone dahulu sebelum akan tertidur di malam hari. Tanpa disadari, Anda menatap layar ponsel terlalu lama juga membuat mata menjadi lelah.

Dilansir dari who.int, medan elektromagnetik yang diproduksi oleh ponsel diklasifikasikan oleh International Agency for Research on Cancer karena kemungkinan bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker) bagi manusia.

Selain itu, energi panas yang terserap oleh kulit saat memegang ponsel akan mengakibatkan peningkatan suhu di otak dan organ lainnya. 

Baca Juga: Pahami 5 Cara Mudah Packing Produk Skincare Saat Liburan, yuk

3. Kurang tidur

Tidur memberikan efek yang baik untuk tubuh, khususnya kulit. Tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu proses regenerasi sel-sel kulit sehingga bisa memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Jika Anda mengalami kurang tidur, tubuh akan mengalami stres dan reaksinya adalah menghasilkan hormon kortisol atau hormon stres yang dapat menghambat pembentukan kolagen sehingga dapat terjadi penipisan kulit serta timbulnya keriput dan garis halus.

4. Tidak membersihkan wajah sebelum tidur

Kebiasaan yang membuat kulit stres lainnya adalah tidak membersihkan wajah sebelum tidur. Saat merasa lelah untuk membersihkan wajah, Anda harus ingat bahwa jika ingin memiliki kulit yang cerah dan terhindar dari masalah kulit, rutinkan membersihkan wajah sebelum tidur.

Hal ini karena setelah beraktivitas seharian, debu dan kotoran bekas make up yang tertinggal di wajah akan menyebabkan alergi, jerawat, minyak berlebih, dan berkurangnya kelembapan kulit wajah. 

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang menyebabkan kulit wajah stres. Mulai hindari, yuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News