HOME, Santai

Pahami 4 Efek Samping Penggunaan Obat Kumur!

Pahami 4 Efek Samping Penggunaan Obat Kumur!

MOMSMONEY.ID - Mouthwash atau obat kumur digunakan untuk menjaga kesehatan gigi, gusi, dan juga mulut. Banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan obat kumur menjadi alasan banyak orang masih menggunakannya.

Namun, ternyata ada kontra efek samping dari penggunaan obat kumur dalam kondisi tertentu. Berikut ini beberapa efek samping dari penggunaan obat kumur:

Baca Juga: Manfaat Menggunakan Obat Kumur untuk Kesehatan Mulut

Membunuh kuman baik di mulut

Mengurut laman Health Line, menggunakan obat kumur juga berisiko membunuh bakteri baik yang ada di mulut. Sebab, obat kumur tidak bisa mendeteksi bakteri baik dan jahat, sehingga keduanya akan dibunuh dengan kandungan dari obat kumur.

Padahal bakteri baik yang ada di dalam mulut berguna untuk membantu proses memecah makanan dan menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Menyebabkan noda pada gigi

Dampak buruk lain dari penggunaan obat kumur yaitu bisa mengakibatkan munculnya noda pada gigi. Kandungan chlorhexidine (CHX), bisa menyebabkan munculnya noda sementara yang menempel pada gigi setelah digunakan. Obat kumur yang memilik warna cerah tentunya akan memiliki kandungan pewarna yang bisa menambah noda pada gigi.

Baca Juga: Berikut Bahan-Bahan Alami yang Berkhasiat Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut

Melansir dari laman Everyday Health, seseorang yang memiliki tingkat kesehatan mulut yang buruk, tidak akan mendapatkan manfaat mulut segar setelah menggunakan obat kumur. Hal tersebut karena obat kumur memiliki efek samping yang membuat kondisi mulut kering dan kesusahan memproduksi saliva.

Akibatnya bau mulut akan muncul bahkan setelah menggunakan obat kumur.

Mengiritasi sariawan

Selain bisa membantu mengatasi sariawan, ternyata menggunakan obat kumur yang memiliki kadar alkohol tinggi bisa memperparah iritasi pada sariawan di mulut.

Kandungan sodium lauryl sulfate (SLS) bisa menjadi salah satu penyebab yang memperparah sakit sariawan, apalagi jika memiliki kulit yang sensitif. Tentu saja sariawan akan semakin parah, bukan menjadi sembuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News