HOME, Bugar

Pahami 4 Dampak Negatif Setelah Mencabut Bulu Ketiak

Pahami 4 Dampak Negatif Setelah Mencabut Bulu Ketiak

MOMSMONEY.ID - Mencabut bulu ketiak sering dilakukan oleh banyak orang. Namun, kebiasaan mencabut bulu ketiak dengan cara tidak benar bisa menyebabkan beberapa masalah pada kulit. Ada baiknya, Anda mencari tahu dahulu dampak negatif setelah mencabut bulu ketiak. Melansir dari dove.com, berikut penjelasannya, yaitu: 

1. Hiperpigmentasi

Pertama, dampak negatif setelah mencabut bulu ketiak yaitu hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah kondisi di mana kulit menjadi lebih gelap dari sebelumnya. Bukan hanya mencukur saja yang bisa membuat kulit ketiak terlihat gelap, mencabut  pun juga.

Ketika Anda mencabut bulu ketiak secara paksa, kulit di area ketiak akan mengalami iritasi dan lama-lama berubah menjadi kehitaman. Bukannya terlihat mulus, ketiak Anda justru terlihat gelap dan tidak terawat karena hiperpigmentasi.

Baca Juga: Kenali Manfaat Tranexamic Acid untuk Wajah, Perawatan Produk Skincare Anti Aging!

2. Kulit Menjadi Iritasi

Dampak negatif setelah mencabut bulu ketiak yaitu kulit menjadi iritasi. Saat kulit telah terinfeksi oleh kuman atau bakteri, kulit bisa mengalami iritasi. Iritasi pada kulit ketiak akan menimbulkan rasa sakit, ruam kemerahan, sampai dengan benjolan yang perih saat disentuh.

Rasa sakit karena iritasi pasca mencabut bulu ketiak mungkin akan hilang dalam hitung hari. Namun tidak menutup kemungkinan juga iritasi tersebut berkembang dan menyebabkan rasa sakit yang terasa lebih lama. Jika dalam 7 hari Anda masih merasakan rasa sakit akibat iritasi, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk menghindari kondisi kesehatan kulit yang semakin memburuk.

3. Bulu Ketiak Tumbuh ke Dalam

Selanjutnya, dampak negatif yang akan dialami yaitu bulu ketiak bisa tumbuh ke dalam (ingrown hair). Bulu ketiak yang tumbuh di dalam kulit memang tidak bisa dilihat dari luar. Namun, Anda akan merasakan dampaknya, seperti bengkak, rasa gatal, ruam kemerahan, dan perih.

4. Bulu Ketiak Tumbuh Lebih Lebat

Dampak negatif setelah mencabut bulu ketiak yaitu bulu ketiak tumbuh lebih lebat. Anda perlu tahu bahwa kebiasaan mencabut bulu ketiak justru dapat mempercepat pertumbuhan bulu tersebut. Bila disentuh, tekstur bulu ketiak yang baru tumbuh setelah dicabut juga lebih kasar dibanding bulu ketiak pada kulit yang belum pernah dicukur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News