Pahami 4 Cara Tepat Menggunakan Retinol Pada Wajah

Sumber: HER WORLD
Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:00 WIB
Pahami 4 Cara Tepat Menggunakan Retinol Pada Wajah


MOMSMONEY.ID - Retinol termasuk bahan skincare yang populer karena memiliki banyak manfaat bagus buat kulit. Retinol turunan dari vitamin A yang dapat menghilangkan jerawat, memperbaiki tekstur kulit, mencerahkan kulit dan memperlambat penuaan dini.

Namun, Anda perlu mengetahui cara tepat menggunakan retinol untuk wajah agar kandungan retinol dapat bekerja dengan benar pada kulit. Melansir dari herworld.co.id, simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Gunakan secukupnya

Cara pertama menggunakan retinol adalah dengan menggunakan secukupnya. Sebaiknya hindari menggunakan retinol dalam jumlah terlalu banyak atau dalam tingkat kekuatan yang terlalu tinggi.

Penggunaan retinol harus dimulai dari tingkat kekuatan yang rendah. Hal ini penting bagi pemilik jenis kulit sensitif. Pasalnya, kulit perlu beradaptasi dengan retinol selama beberapa minggu, baru Anda bisa meningkatkan konsentrasi retinol secara bertahap.

2. Gunakan pada kulit kering

Cara menggunakan retinol selanjutnya adalah gunakan pada kulit kering. Retinol berisiko menyebabkan kulit iritasi dan kering jika digunakan pada kulit yang lembap.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menggunakan produk ini pada kulit yang kering. Jika Anda ingin menggunakan pelembap, pastikan pelembap tersebut sudah kering sebelum kamu menggunakan retinol. 

Baca Juga: Tiga Cara Menghilangkan Bintik Putih di Wajah, Bisa Dicoba di Rumah!

3. Gunakan di malam hari

Berikutnya, gunakan retinol di malam hari. Sebab retinol mengandung zat photolabile yang mudah rusak apabila terkena cahaya terang atau sinar matahari langsung.

Jika Anda menggunakan retinol pada pagi hari, pastikan untuk melapisi kulit wajah dengan sunscreen. Namun, penggunaan sunscreen tetap tidak menjamin retinol bebas dari kerusakan.

4. Retinol tidak boleh digunakan bersamaan dengan kandungan tertentu

Terakhir, cara menggunakan retinol dengan tepat adalah menghindari penggunaan produk eksfoliasi seperti AHA dan BHA.

Penggunaan retinol dengan produk eksfoliasi dapat membuat kulit menjadi kering, iritasi, dan mengelupas. Oleh sebab itu, gunakanlah retinol dan produk eksfoliasi dalam waktu yang berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER